Komunikasi merupakan bagian yang sangat mendasar dari

This preview shows page 7 - 9 out of 30 pages.

Komunikasi merupakan bagian yang sangat mendasar dari matematika dan pendidikan matematika. Yaitu cara untuk berbagi gagasan dan menjelaskan pemahaman. Pada saat proses pembelajaran di kelas, komunikasi terjadi antara guru dan siswa, antara siswa dan siswa, juga antara siswa dan sumber belajar lainnya, seperti buku dan media pembelajaran. Komunikasi yang terjadi antara siswa dengan teman sebaya dan guru, serta kesempatan bagi siswa untuk menjelaskan, membuat dugaan, mempertahankan gagasan, baik secara lisan maupun tulisan dapat menstimulasi pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengetahuan konsep-konsep matematika. Menurut Intended Learning Outcomes (dalam Husna dkk, 2013:85) bahwa:“Komunikasi matematika adalah suatu keterampilan penting dalam matematika yaitu kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren, kepada teman, guru dan lainnya melalui bahasa lisan dan tulisan”. Konsep komunikasi seperti yang diuraikan di atas, merupakan prinsip pertama dalam pengajaran dan pembelajaran Cole & Chan (dalam Ansari : 2009). Ini artinya keberhasilan program belajar mengajar salah satu di antaranya bergantung pada bentuk komunikasi yang digunakan oleh guru, pada saat beriteraksi dengan siswa. Di dalam komunikasi ada 5 elemen yang terlibat, yaitu sender (pengirim informasi), receiver (penerima komunikasi), informasi, feedback , dan media. Hal yang harus menjadi perhatian utama dan sering kita lupa adalah receiver (penerima informasi) adalah manusia. Oleh karena itu, sudah selayaknya 4
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

seorang pendidik memperlakukan siswanya “sebagai manusia”, jangan memperlakukan mereka sebagai mesin atau objek yang tidak memiliki perasaan. Pahami diri kita sebagai seorang manusia untuk kemudian posisikan diri kita ke dalam posisi siswa, rasakan apa yang disenanginya, dan jauhi apa yang di bencinya. Sudah saatnya komunikasi yang terjadi di dalam proses belajar mengajar merupakan sebuah komunikasi berkualitas yang mengedepankan kemanusiaan. Dengan demikian, akan tercapai sebuah kualitas dari komunikasi yang efektif yang akan berefek pada peningkatan kualitas diri setiap orang yang terlibat di dalamnya. 2.2Aspek-Aspek Komunikasi Menurut Baroody (dalam Ansari, 2009 : 11) ada lima aspek komunikasi yaitu representasi ( representing ), mendengar ( listening ), membaca ( reading ), diskusi ( discussing ), dan menulis ( writing ). 2.2.1 Representasi Representasi adalah: (1) bentuk baru sebagai hasil translasi dari suatu masalah, atau ide, (2) translasi suatu diagram atau model fisik ke dalam simbol atau kata-kata (NCTM,1989). Misalnya, representasi dapat membantu anak menjelaskan konsep atau ide, dan memudahkan anak mendapatkan strategi pemecahan. 2.2.2 Mendengar ( listening ) Mendengar merupakan aspek penting dalam suatu diskusi. Pirie (dalam Ansari, 2009 : 14) menyebutkan komunikasi memerlukan pedengaran dan pembicara. Baroody (dalam Ansari, 2009 : 14) mengatakan mendengar secara hati-hati terhadap pertanyaan teman dalam suatu grup juga dapat membaantu siswa mengkonstruksi lebih lengkappengetahuan matematika dan mengatur strategi jawaban yang efektif.
Image of page 8
Image of page 9
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes