2008 tentang SPIP terdapat beberapa klausul yang dapat dirangkum sebagai tujuan

2008 tentang spip terdapat beberapa klausul yang

This preview shows page 81 - 84 out of 118 pages.

2008 tentang SPIP, terdapat beberapa klausul yang dapat dirangkum sebagai tujuan dari SPIP itu sendiri. Adapun tujuan dimaksud dapat dilihat berdasarkan latar belakang diperlukannya SPIP dan tujuan SPIP itu sendiri, yaitu: a. Untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel; b. Untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Sedangkan dalam pasal 3 PP dimaksud, dinyatakan bahwa unsur SPIP terdiri dari: 1. Lingkungan pengendalian; 2. Penilaian risiko; 3. Kegiatan pengendalian; 4. Informasi dan komunikasi; dan 5. pemantauan pengendalian intern. Unsur-unsur sebagaimana di atas, dirumuskan berdasarkan praktek-praktek pengendalian intern yang berlaku secara global yang dalam penjelasan selanjutnya diuraikan sebagai berikut: a. Lingkungan pengendalian . Pimpinan Instansi Pemerintah dan seluruh pegawai harus menciptakan dan memelihara lingkungan dalam keseluruhan organisasi yang menimbulkan perilaku positif dan mendukung terhadap pengendalian intern dan manajemen yang sehat. Lingkungan pengendalian tersebut dapat dilakukan melalui: 1) penegakan integritas dan nilai etika; 2) komitmen terhadap kompetensi; 3) kepemimpinan yang kondusif;
Image of page 81
80 Modul Manajemen Pengawas Pelatihan Kepemimpinan Pengawas 4) pembentukan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan; 5) pendelegasian wewenang dan tanggung jawab yang tepat; 6) penyusunan dan penerapan kebijakan yang sehat tentang pembinaan sumber daya manusia; 7) perwujudan peran aparat pengawasan intern pemerintah yang efektif; dan 8) hubungan hubungan kerja yang baik dengan Instansi Pemerintah terkait. b. Penilaian risiko . Pengendalian intern harus memberikan penilaian atas risiko yang dihadapi unit organisasi baik dari luar maupun dari dalam. Dalam rangka melaksanakan penilaian risiko, setiap pimpinan instansi pemerintah menetapan: tujuan Instansi Pemerintah dan tujuan pada setiap tingkatan kegiatan. Penilaian risiko terdiri atas: 1) Identifikasi risiko; dan 2) Analisis risiko. c. Kegiatan pengendalian . Kegiatan pengendalian membantu memastikan bahwa arahan pimpinan Instansi Pemerintah dilaksanakan. Kegiatan pengendalian harus efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi. Oleh Karena itu, kegiatan pengendalian harus sesuai dengan ukuran, kompleksitas, dan sifat dari tugas dan fungsi Instansi Pemerintah yang bersangkutan sebagaimana tertuang dalam pasal 18 ayat (1). Selanjutnya dalam pasal 18 ayat (2) dinyatakan bahwa kegiatan pengendalian, sekurang-kurangnya memiliki karakteristik sebagai berikut: 1) kegiatan pengendalian diutamakan pada kegiatan pokok Instansi Pemerintah; 2) kegiatan pengendalian harus dikaitkan dengan proses penilaian risiko; 3) kegiatan pengendalian yang dipilih disesuaikan dengan sifat khusus Instansi Pemerintah;
Image of page 82
81 Modul Manajemen Pengawas Pelatihan Kepemimpinan Pengawas 4) kebijakan dan prosedur harus ditetapkan secara tertulis;
Image of page 83
Image of page 84

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 118 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors