PT Kimia Farma adalah salah satu produsen obat obatan milik pemerintah di

Pt kimia farma adalah salah satu produsen obat obatan

This preview shows page 4 - 7 out of 17 pages.

perusahaan yang buruk tidak kelihatan di mata public dan para pemegang saham. PT Kimia Farma adalah salah satu produsen obat-obatan milik pemerintah di Indonesia sehingga dikategorikan sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Latar belakang masalah dari kasus ini hampir sama dengan masalah dengan yang dihadapi Enron. Dimana Enron juga melakukan mark up pada laba bersih yang mereka miliki dan sehingga kinerja Perusahaan secara keseluruhan tampak berkembang sangat baik. Akan tetapi masalah PT Kimia farma tidak separah kasus Enron karena tidak mengalami kebangkrutan seperti yang dialami Enron. Total aktiva yang mereka miliki pun juga dimark up sehingga terlihat lebih besar sekitar 3.11% dari total yang seharusnya. PT Kimia farma juga melakukan penggelembungan pada 2 unit yaitu unit logistic sentral dan unit pedagang besar farmasi. Pada unit Pedagang Besar Farmasi berupa overstated persediaan sebesar Rp8,1 miliar dan overstated penjualan sebesar Rp10,7 miliar. Pada unit logistic sentral, PT kimia Farma melakukan overstated pada penjualan sebesar Rp2,7 miliar, kimia farma melakukan pencatatan ganda pada unit-unit yang tidak disampling oleh akuntan sehingga dengan mudah manajemen dapat melaporkan bahwa penjualan yang mereka miliki meningkat. Mereka juga melakukan overstated pada persediaan sebesar Rp23,9 miliar, kimia farma juga melakukan pencatatan persediaan sebanyak 2 kali yaitu pada tanggal 1 dan 3 februari 2002 dan pada tanggal 3 harga persediaan digelembungkan sehingga persediaan yang mereka miliki kelihatan besar dan harga ini digunakan sebagai dasar perhitungan untuk laporan keungan Desember tahun 2001. 1
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

1.2. Rumusan Masalah Berdasarkan identifkasi masalah diatas maka dapat dirumuskan masalah yang akan diuraikan dalam makalah ini sebagai berikut : 1. Apa saja kode etik profesi akuntan di Indonesia ? 2. Bagaimana Profil Perusahaan PT. Kimia Farma ? 3. Bagaimana kasus pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh PT. Kimia Farma dan apa saja dampaknya terhadap stakeholder ? 4. Bagaimana solusi perbaikan dan pencegahan kasus pelanggaran terkait kode etik dimasa depan ? 1.3. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini adalah : 1. Mengetahui kode etik profesi akuntan di Indonesia 2. Mengetahui Profil Perusahaan PT. Kimia Farma 3. Mengetahui dan mengkaji kasus pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh PT. Kimia Farma dan dampak terhadap stakeholder 4. Merumuskan dan menerapkan solusi perbaikan dan pencegahan kasus pelanggaran terkait kode etik dimasa depan 2
Image of page 5
BAB II PEMBAHASAN 2.1 Kode Etik Akuntan Indonesia Kode Etik Ikatan Akuntansi Indonesia dimaksudkan sebagai penduan dan aturan bagi seluruh anggota, baik yang berpraktik sebagai akuntan public, bekerja dilingkungan dunia usaha, pada instansi pemerintah maupun dilingkungan dunia pendidikan dalam pemenuhan tanggung jawab profesionalnya. Empat kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, yaitu : 1. Kredibilitas, masyarakt membutuhkan kredibilitas informasi dan sistem informasi.
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

Image of page 7
  • Fall '19
  • Pwartha Dharma

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes