3 Fungsi Manajemen Bahasan selanjutnya adalah terkait dengan fungsi Manajemen

3 fungsi manajemen bahasan selanjutnya adalah terkait

This preview shows page 27 - 30 out of 118 pages.

3. Fungsi Manajemen Bahasan selanjutnya adalah terkait dengan fungsi Manajemen. Fungsi manajemen sebagai elemen dasar yang melekat dalam proses manajemen sebagai acuan manajer (seseorang yang mengelola manajemen) dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara merencanakan, mengorganisir, mengkoordinasikan dan mengendalikan segala sumber daya yang dimilikinya. Mengacu pada pengertian Manajemen di atas, terdapat 5 fungsi utama manajemen, yaitu: a. Perencanaan (Planning) Perencanaan merupakan proses awal dalam setiap kegiatan manajemen. Hasil perencanaan sangat penting untuk menjadi arah bagi pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu, perncanaan yang baik akan menjadi arah yang baik pula bagi pelaksanaannya. Dalam perencanaan terkandung unsur-unsur strategi, baik yang bersifat
Image of page 27
26 Modul Manajemen Pengawas Pelatihan Kepemimpinan Pengawas kebijakan meupun operasional. Hal ini tergantung dari lingkup perencanaannya itu sendiri. Oleh karena itu, secara organisasional, lingkup perencanaan itu akan berbeda, namun secara fungsi, hakikatnya adalah sama, yakni sebagai penentu arah kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih luas. Karena itulah maka ada yang disebut dengan perencanaan operasional, perencanaan strategis, perencanaan umum, rencana jangka pendek menengah panjang, dan sebagainya. Tanpa perencanaan yang tepat bisa membuat organisasi tidak berjalan sesuai dengan jalurnya. Penyimpangan ini bisa berakibat pada ketidakteraturan dalam bekerja. b. Pengorganisasian (Organizing) Fungsi manajemen yang kedua adalah pengorganisasian. Melalui pengorganisasian, dilakukan pembagian kegiatan besar menjadi beberapa kegiatan kecil atau serangkaian kegiatan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pimpinan melakukan pengawasan yang lebih efektif dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan yang sudah dibagi menjadi lebih efisien. Pengorganisasian secara lebih mendasar dapat dilaksanakan dengan menentukan apa tugas yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan dan bagaimana harus dikerjakan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan bisnis melalui proses yang lebih terstruktur atau terorganisasi. Selain itu, penglokasian sumber daya, pendistribusian dan pemanfaatannya, juga menjadi bagian dari upaya pengorganisasian, termasuk penetuan/penetapan struktur organsiasi yang berimplikasi pada struktur kerja yang berjenjang. c. Penempatan (Staffing) Fungsi staffing secara umum mengarah pada upaya pengelolaan SDM. Melalui fungsi ini, pengelolaan SDM dilakukan dengan berbagai bentuknya sesuai dengan kebutuhan yang ada. Penempatan SDM yang tepat, Pemberian motivasi, pengelolaan hak dan kewajiban yang proporsional, akan menjadi point penting dalam
Image of page 28
27 Modul Manajemen Pengawas Pelatihan Kepemimpinan Pengawas proses staffing ini. Dengan demikian, proses staffing lebih menekankan pada upaya pengelolaan SDM yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi, keahlian, serta kebutuhan organisasi dan pegawainya itu sendiri.
Image of page 29
Image of page 30

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 118 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors