SOAL DAN JAWABAN TEORI AKUNTANSI.pdf

Dilema karena konstituen yang terkait sangatlah

This preview shows page 18 - 20 out of 20 pages.

dilema karena konstituen yang terkait sangatlah banyak, apakah itu dari entitas bisnis, asosiasi industry, atau pemerintah. Pihak ini (oleh Zeff dikategorikan sebagai pihak ketiga) merupakan pihak selalu mengintervensi proses standar yang disusun oleh dewan standar. Contohnya seperti standar akuntansi dengan undang-undang perpajakan karena di dunia ini tidak ada yang tidak kena pajak. Menurut Aris dalam jurnalnya menuliskan, dalam pembuatan standar akuntansi keuangan dipengaruhi lingkungan sosial. Menurut Colditz dan Gibbins (1972), lingkungan sosial akuntansimeliputi: (1) Dunia usaha, (2) Sistem hukum (legal system), (3) Adat istiadat masyarakat yang berlaku, (4) Kode etik profesi untuk pengaturan diri sendiri, dan (5) Sikap lembaga-lembaga luarseperti pemerintah, perbankan, dan lain-lain. 14. Restrukturisasi hutang merupakan suatu proses untuk merestruktur hutang bermasalah dengan tujuan untuk memperbaiki posisi keuangan debitur, (Darmadji, 2001:69). Restrukturisasi hutang adalah pembayaran hutang dengan syarat yang lebih lunak atau lebih ringan dibandingkan dengan syarat pembayaran hutang sebelum dilakukannya proses restrukturisasi hutang, karena adanya konsesi khusus yang diberikan kreditur kepada debitur. Restrukturisasi hutang merupakan salah satu alternatif untuk menyelesaikan kredit macet yang terjadi. Program Restrukturisasi hutang biasanya diberikan kepada debitur yang kreditnya macet
Image of page 18

Subscribe to view the full document.

bukan karena Debitur tersebut nakal atau sengaja tidak mau membayar hutangnya tersebut. Restrukturisasi Hutang biasanya dituangkan dalam bentuk perjanjian. Dalam perjanjian restrukturisasi itulah akan diatur pola-pola restrukturisi hutang Debitur, beserta tata cara pembayarannya. Perbedaan komitmen dan kewajiban kontinjensi : Komitmen adalah suatu perikatan atau kontrak berupa janji yang tidak dapat dibatalkan secara sepihak dan harus dilaksanakan apabila persyaratan yang disepakati bersama dipenuhi. Kontinjensi adalah suatu keadaan yang masih diliputi oleh ketidakpastian mengenai kemungkinan diperolehnya laba atau rugi oleh suatu perusahaan. Yang baru akan terselesaikan dengan terjadi atau tidak terjadinya satu atau lebih peristiwa di masa yang akan datang. Contoh komitmen: PT SEPATU BATA Tbk. CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Pengeluaran untuk pembelian barang modal : Perusahaan mempunyai komitmen untuk membeli barang modal di masa yang akan datang per 31 Desember 2015 sebesar Rp5.060.135 (2014: Rp13.714.863). Contoh kontinjensi: PERUSAHAAN PERSEROAN (PERSERO) PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk DAN ENTITAS ANAK a. Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, Perusahaan dan entitas anak telah menjadi tergugat dalam berbagai kasus hukum yang terkait dengan perselisihan tanah, praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, dan praktik kartel SMS. Berdasarkan estimasi manajemen mengenai kemungkinan hasil penyelesaian dari kasus-kasus tersebut, Perusahaan dan entitas anak mencadangkan sebesar Rp67 miliar pada tanggal 31 Desember 2011.
Image of page 19
Image of page 20
  • Fall '16
  • Palti

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern