2 Cash flow hedges atau lindung arus kas Menurut Epstein Jermakowicz 2008 cash

2 cash flow hedges atau lindung arus kas menurut

This preview shows page 14 - 16 out of 28 pages.

2. Cash flow hedges, atau lindung arus kas. Menurut Epstein & Jermakowicz (2008) , cash flow hedges adalah perlindungan, dengan menggunakan instrumen derivatif atau instrumen keuangan lainnya, dari risiko variabilitas arus kas terkait dengan diakuinya asset/kewajiban (misalnya, pembayaran bunga atas pinjaman dengan suku bunga variabel) atau ramalan akan terjadinya suatu transaksi (misalnya, penjualan atau pembelian yang akan dilakukan) di masa mendatang, di mana variabilitas arus kas itu diperkirakan akan mempengaruhi laba atau rugi yang dilaporkan. 3. Lindung investasi netto dalam operasi luar negeri. Instrumen derivatif untuk melakukan Hedging . Instrumen derivatif dapat dikelompokkan menjadi opsi, forward, futures, dan swap, dengan bahan dasar instrumen derivatif adalah saham, suku bunga, obligasi, nilai tukar, komoditas, dan indeks. (Sunaryo, Manajemen Risiko Finansial, 2009) 14
Image of page 14

Subscribe to view the full document.

a. Opsi ( Option ) Adalah suatu kontrak derivatif dengan disertai pilihan (hak) untuk menjual atau membeli sesuatu sesuai dengan yang tertera di kontrak tersebut. Opsi tersebut berisi dua jenis yaitu: 1. Opsi Jual ( Put Option ) adalah suatu instrumen negosiasi yang memungkinkan pemiliknya untuk menjual suatu efek tertentu pada harga tertentu dalam jangka waktu tertentu. 2. Opsi beli ( Call Option ) adalah suatu instrumen negosiasi yang memungkinkan pemiliknya untuk membeli suatu efek tertentu pada harga tertentu dalam jangka waktu tertentu (Ang, 1997). Contoh suatu kontrak opsi adalah sebagai berikut: Petrochemical Parfum, Inc., khawatir tentang potensi kenaikan harga minyak mentah yang merupakan salah satu bahan baku utama mereka. Untuk melindungi dirinya terhadap kenaikan harga, perusahaan membeli opsi beli 6-bulan untuk membeli 1.000 barel minyak mentah dengan harga pelaksanaan sebesar $40. Opsi ini berharga $1 per barel. Jika harga minyak mentah di atas harga pelaksanaan $40, ketika opsi itu jatuh tempo, perusahaan akan menggunakan opsi tersebut dan menerima selisih antara harga minyak dan harga pelaksanaan. Jika harga minyak turun di bawah harga pelaksanaan, opsi tersebut akan habis dan tidak bernilai. Apabila harga minyak turun dari harga pelaksanaan, misalnya $30, maka pemegang opsi beli tidak harus menggunakan opsi belinya, karena berada di atas harga pasar, apabila pemegang opsi mengeksekusi opsi tersebut, perusahaan akan rugi karena membeli di atas harga pasar. Inti dari opsi adalah bahwa seseorang yang sudah melakukan kontrak opsi, dapat menggunakan hak atau tidak menggunakan hak opsi tersebut untuk mengeksekusi suatu perjanjian. b. Kontrak Future Adalah pertukaran janji dagang untuk membeli atau menjual suatu aset di masa depan pada harga yang sudah ditentukan lebih dulu. Misalkan ada seorang petani gandum, ada kekhawatiran bahwa harga gandum mungkin jatuh sampai titik terbawah, maka petani tersebut melakukan kontrak future terhadap gandumnya. Dengan kontrak tersebut petani setuju untuk megirimkan sejumlah gandum, pada bulan tertentu dengan harga yang sudah ditentukan saat ini. Pada saat jatuh tempo petani tersebut harus memberikan sejumlah gandum dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya kepada pembeli kontrak tersebut (Marcus, 2006).
Image of page 15
Image of page 16
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes