Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini yaitu tingkat pendapatan jumlah

Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini yaitu

This preview shows page 5 - 7 out of 12 pages.

Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini yaitu tingkat pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, tingkat ketergantungan terhadap hutan mangrove, tingkat pengetahuan tentang fungsi dan manfaat hutan mangrove. Analisis Data Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan uji chi kuadrat dan analisis inferensial dengan menggunakan uji korelasi Pearson. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap keberadaan objek ekowisata mangrove berdasarkan peningkatan pendapatan, lapangan kerja dan peluang usaha. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi masyarakat dengan tingkat pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, tingkat ketergantungan masyarakat terhadap hutan mangrove dan tingkat pengetahuan. KEADAAN UMUM LOKASI PENELITIAN Sejarah Berdirinya Objek Ekowisata Mempawah Mangrove Park (MMP) Objek ekowisata Mempawah Mangrove Park (MMP) merupakan salah satu kawasan objek wisata yang terdapat di Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat. Ekowisata yang luasnya kurang lebih 4 Ha ini awalnya hanya pantai berlumpur yang berada di sepanjang pesisir Desa Pasir, tetapi kini telah berubah hijau ditumbuhi aneka jenis tumbuhan penahan abrasi. Kawasan pesisir pantai ini dikonservasi sejak tanggal 14 Desember 2011 oleh beberapa masyarakat sekitar. dalam rangka melestarikan lingkungan dengan tindakan positif, dengan dibantu beberapa pihak dan komunitas peduli lingkungan di Kalimantan Barat, secara perlahan konservasi mangrove berjalan dengan baik. Hasil dari usaha dan kerja keras tersebut mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya yaitu pemerintah Kabupaten Mempawah yang memberikan rekomendasi kepada pengelola untuk mendirikan objek ekowisata mangrove yang di beri nama Mempawah Mangrove Park (MMP). Tepat pada tanggal 23 Agustus 2016, objek ekowisata ini diresmikan oleh Wakil Bupati Mempawah. Letak dan Lokasi Penelitian
Image of page 5
JURNAL HUTAN LESTARI (2017) Vol. 5 (3) : 668 - 679 673 Desa Pasir merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah. Desa Pasir terletak pada 00 20’00’’ Lintang Utara sampai dengan 00 30’’00’’ Lintang Utara dan 108 55’00 Bujur Timur sampai dengan 109 06’40’’ Bujur Timur. Luas wilayah Desa Pasir adalah 60 Ha. Adapun batas-batas wilayahnya sebagai berikut : Utara : Desa Penibung, Selatan : Kelurahan Terusan, Timur : Desa Sekabuk dan Barat : Laut Natuna. Topografi dan Jenis Tanah Jenis tanah yang terdapat di kawasan objek ekowisata mangrove tepatnya di Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir yaitu Alluvial atau yang lebih dikenal dengan tanah liat yaitu tanah yang dihasilkan dari endapan lumpur air laut. Tanah ini memiliki karakteristik lembab sehingga cocok untuk tanaman mangrove, salah satunya adalah tanaman bakau atau tanaman pantai lainnya seperti api-api ( Avicenia spp ).
Image of page 6
Image of page 7

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 12 pages?

  • Fall '17
  • Dr.Ir. Setyono Yudo Tyasmoro , MS.

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes