2Pasar Persaingan Tidak Sempurna Pasar persaingan tidak sempurna merupakan

2pasar persaingan tidak sempurna pasar persaingan

This preview shows page 3 - 6 out of 12 pages.

2.Pasar Persaingan Tidak Sempurna Pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli dapat memengaruhi harga pasar. Pasar persaingan tidak sempurna memiliki beberapa ciri-ciri, diantaranya : Jumlah penjual sedikit, hanya satu penjual Jumlah pembeli banyak Adanya gangguan atau hambatan untuk masuk ke dalam pasar tersebut. Produk yang diperjualbelikan bersifat homogen dan tidak memiliki produk pengganti atau substitusi. Penjual dengan leluasa memainkan harga dan pembeli hanya menuruti dan mengikutinya saja. pasar persaingan tidak sempurna dapat dibagi menjadi beberapa bentuk pasar, diantaranya : pasar monopoli, oligopoli, monopolistic, monopsoni, duopsoni, dan oligopsoni).
Image of page 3
Pasar Monopoli Pasar monopoli adalah dimana banyak terdapat pembeli dan penjualnya hnya satu suatu serta harga ditentukan oleh penjual dan hanya penjual yang tahu. Pasar monopoli memiliki beberapa ciri, diantaranya : Di dalamnya hanya terdapat satu penjual namun pembelinya berlimpah. Tidak terdapat seorang pihak yaitu produsen lain yang bisa memproduksi produk substitusi. Pembeli atau konsumen hanya memiliki satu pilihan tidak ada pilihan lainnya. Penentu harga adalah produsen Contoh Pasar Monopoli PT. PLN Di Indonesia PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) adalah perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang pengadaan listrik nasional. Hingga saat ini, PT. PLN masih merupakan satu-satunya perusahaan listrik sekaligus pendistribusinya. Dalam hal ini PT. PLN sudah seharusnya dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat, dan mendistribusikannya secara merata.
Image of page 4
Usaha PT. PLN termasuk kedalam jenis monopoli murni. Hal ini ditunjukkan karena PT. PLN merupakan penjual atau produsen tunggal, produk yang unik dan tanpa barang pengganti yang dekat, serta kemampuannya untuk menerapkan harga berapapun yang mereka kehendaki. Pasal 33 UUD 1945 menyebutkan bahwa sumber daya alam dikuasai negara dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Sehingga. Dapat disimpulkan bahwa monopoli pengaturan, penyelengaraan, penggunaan, persediaan dan pemeliharaan sumber daya alam serta pengaturan hubungan hukumnya ada pada negara. Pasal 33 mengamanatkan bahwa perekonomian Indonesia akan ditopang oleh 3 pemain utama yaitu koperasi, BUMN/D (Badan Usaha Milik Negara/Daerah), dan swasta yang akan mewujudkan demokrasi ekonomi yang bercirikan mekanisme pasar, serta intervensi pemerintah, serta pengakuan terhadap hak milik perseorangan. Penafsiran dari kalimat “dikuasai oleh negara” dalam ayat (2) dan (3) tidak selalu dalam bentuk kepemilikan tetapi utamanya dalam bentuk kemampuan untuk melakukan kontrol dan pengaturan serta memberikan pengaruh agar perusahaan tetap berpegang pada azas kepentingan mayoritas masyarakat dan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Contoh Kasus Monopoli Yang Dilakukan PT. PLN Fungsi PT. PLN sebagai pembangkit, distribusi, dan transmisi listrik mulai dipecah.
Image of page 5
Image of page 6

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 12 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes