TUGAS MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM KE- 2 KELOMPOK 6.docx

Sementara twitter di indonesia lebih dikenal sebagai

This preview shows page 9 - 10 out of 20 pages.

hiburan dan bersenang-senang. Sementara Twitter di Indonesia lebih dikenal sebagai alat pencari berita serta ajang debat dan politik. Jadi layanan media sosial ini lebih menarik kalangan serius yang berusia lebih tua. d. Path Seperti halnya Twitter, Path juga mulai ditinggalkan penggunanya dikarenakan minimnya inovas-inovasi yang diciptakan pada masa kejayannya sehingga penggunaan cenderung menjadi menjemukan. Dan baru-baru ini sebenarnya Path melakukan inovasi dengan menambahkan fitur-fitur baru pada penggunaannya. Hamper sama dengan apa yang dilakukan Facebook, Path mengimplementasikan penggunaan teknologi informasi yang fokus pada pelanggan (customer focus). Path juga berupaya untuk menyediakan pelayanan atau fitur yang berkualitas terhadap penggunanya, agar dapat meningkatkan jumlah pengguna baru dan serta mempertahankan pengguna lamanya agar tidak berpindah pada pesaingnya. seperti contohnya mengusung fitur video yang ISYS6295 – Management Information System
Image of page 9

Subscribe to view the full document.

serupa seperti Snapchat dan Instagram, yang Path namakan Coverstory. Tidak hanya itu, Path juga memperbaharui fiturnya pada bagian pertemanan. Dimana pengguna bisa memfollow akun-akun resmi seperti akun artis atau akun publik seperti yang ada pada Instagram. Namun meskipun seperti itu, faktanya kondisi Path kini hampir sama dengan Twitter. Sebenarnya, pada saat ini pengguna aktif Path masih banyak di Indonesia. Tetapi user Path tidak lagi seaktif di masa kejayannya. Namun bukan hanya berbagai penyebab masing-masing yang sudah diterangkan di atas saja. Ke empat dari sosial media di atas sedang mengalami apa yang dimaksud dari tekanan bisnis atau dikenal dengan business pressure , yang merupakan dampak dari perubahan-perubahan signifikan yang terjadi pada suatu lingkungan bisnis. Business pressure yang dialami ke-4 media sosial tersebut yaitu: 1. Tekanan Pasar (market pressure) Pada tekanan pasar (market pressure), disebabkan oleh karena adanya ekonomi global (globalization), kompetisi yang semakin kuat, perubahan sifat tenaga kerja (changing nature of the workforce), dan kekuatan pelanggan (powerful customer). Namun pada kasus ke-4 sosial media tersebut, pada market pressure lebih disebabkan oleh karena faktor kompetisi yang semakin kuat dan kekuatan dari pelanggan. Tingkat kepintaran dan harapan dari pengguna mengalami peningkatan, seiring dengan semakin mudahnya mereka mendapatkan informasi mengenai produk/ jasa yang ingin mereka konsumsi. Pada kasus Friendster misalnya, kompetisi yang semakin kuat dari para kompetitornya pada saat itu berhasil memaksa Friendster mundur dari persaingan jejaring sosial. Pada saat itu terdapat berbagai macam situs jejaring sosial seperti Myspace, Orkut, MeetUp, dan facebook yang mana pada saat itu Facebook membawa angin baru atau pengalaman baru dalam bersosial media. Faktor kekuatan pelanggan juga mempengaruhi mundurnya Friendster. Harapan pengguna semakin mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya jejaring sosial baru yang bermunculan. Seperti misalnya dahulu Friendster yang hanya murni untuk mencari pertemanan, sedangkan
Image of page 10
You've reached the end of this preview.
  • Fall '17
  • Aida

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern