Sistem informasi majemen koperasi mesih belum berkembang sehingga pengambilan

Sistem informasi majemen koperasi mesih belum

This preview shows page 10 - 13 out of 20 pages.

pembukuan dengan baik. Sistem informasi majemen koperasi mesih belum berkembangsehingga pengambilan keputusan belum didukung dengan informasi yang cukup lengkapdan dapat diandalkan. Di samping itu masih ada manajer yang kurang mempunyai kemampuan sebagaiwirausaha. Di antara mereka bahkan masih ada yang kurang mampu untuk menyusunrencana, program, dan kegiatan usaha. Padahal mereka harus memimpin dan
Background image
menggerakkan karyawan untuk melaksanakan rencana, program, dan kegiatan usaha yangditentukan. Penilaian terhadap keadaan serta mengadakan penyesuaian rencana, program,dan kegiatan usaha setiap kali ada perkembangan dalam keadaan yang dihadapainya.Dari sisi produksi, koperasi sering mengalami kesulitan untuk memperoleh bahanbaku. Salah satu bahan baku pokok yang sulit diperoleh adalah modal. Dalam halkualitas, output koperasi tidak distandardisasikan, sehingga secara relatif kalah denganoutput industri besar. dalam banyak kasus, output koperasi (dan UKM) tidak memilikikeunggulan komparatif sehingga sulit untuk dipasarkan. Secara umum koperasi harusmenghadapi kelemahannya sebagai berikut :Pembinaan hubungan antara alat perlengkapan koperasi, khususnya antara pengurusdan manajer, yang masih perlu ditingkatkan. Hal ini antara lain mengingat perlunyakoordinasi yang mantab dan pembagian tugas serta tanggung jawab yang jelas. Harusdihindarkan apabila ada pengurus yang mengambil wewenang manajer melaksanakantugas operasional.Kebijaksanaan dan program kerja koperasi masih cenderung timbul sebagai prakarsapemerintah. Programprogram yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan anggotamasih ada yang belum sepenuhnya dipadukan dengan program-program yang timbuldari prakarsa pemerintah. Keputusan koperasi yang mandiri masih belum dapatberkembang. Organisasi tingkat sekunder, seperti Pusat Koperasi dan Induk koperasi, tampak belumsepenuhnya dapat memberikan pelayanan kepada koperasi primer, khususnyameningkatkan kemampuan dalam bidang organisasi, administrasi, dan manjemen.Kerja sama koperasi dan lembaga nonkoperasi telah ada yang berlangsung ataslandasan saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Tetapi, apabila kurang hati-hati dalam membinannya ada kerjasama yang cenderung mengarah pada hilangnyakemandirian koperasi. Kemampuan pemupukan modal usaha yang bersumber dari anggota dan hasil usahakoperasi, walaupun cukup memadai perkembangannya namun ternyata masih sangatterbatas.
Background image
Dalam usaha memperoleh kredit dari bank, koperasi masih menghadapi kesulitanuntuk memenuhi persyaratanyang ditentukan. Demikianlah, maka pemupukan modalkoperasi walaupun cepat perkembangannya hasilnya masih terbatas juga. Keterpaduan gerak, pengertian, pembinaan, dan pengawasan terhadap gerakankoperasi dari berbagai instansi masih perlu ditingkatkan.
Background image
Image of page 13

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 20 pages?

  • Fall '17

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture