Chumlea dimana rerata Tabel 3 Rerata tinggi badan berdasarkan pengukuran dengan

Chumlea dimana rerata tabel 3 rerata tinggi badan

This preview shows page 3 - 5 out of 6 pages.

Chumlea, dimana rerata Tabel 3. Rerata tinggi badan berdasarkan pengukuran dengan microtoise dan berdasarkan rumus Chumlea, serta rerata pengukuran tinggi lutut subyek Perempuan Laki-laki Min (cm) Maks (cm) Rerata ± SB Min (cm) Maks (cm) Rerata Tinggi badan 134,3 157,6 146,8 ± 5,6 144,8 172,2 160,8 ± 6,2 Tinggi lutut 40,2 57,2 47,3 ± 3,6 48,6 53,6 50,0 ± 1,75 Tinggi_Chumlea 143 169 154,3 ± 7,03 145,5 183,3 159,1 ± 6,78
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Media Medika Indonesiana Volume 46, Nomor 1, Tahun 2012 4 tinggi badan pada subyek perempuan adalah 154,3±7,03 cm dan pada subyek laki-laki adalah 159,1±6,78 cm (Tabel 3). Tabel 4 membandingkan hasil pengukuran tinggi badan yang menggunakan rumus Chumlea dan pengukuran tinggi badan dengan menggunakan microtoise . Hasilnya menunjukkan tidak ada perbedaan tinggi badan yang diukur menggunakan rumus Chumlea ataupun dengan pengukuran yang sebenarnya. Tabel 4. Uji beda tinggi lutut terhadap tinggi badan subyek n Min (cm) Maks (cm) Rerata±SB p* Tinggi badan 86 134,2 172,2 152,4 ± 8,9 0,077 Tinggi_Chumlea 86 143 183,3 148,5 ± 20,2 * Wilcoxon signed ranks test Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa tidak ada perbedaan antara pengukuran tinggi badan mengguna- kan microtoise dengan pengukuran tinggi badan menggunakan rumus Chumlea. PEMBAHASAN Seiring bertambahnya usia, perubahan komposisi tubuh dianggap mencerminkan perubahan status gizi dan meningkatkan angka morbiditas dan mortalitas. 14 Lansia merupakan kelompok usia yang memiliki risiko menderita malnutrisi yang sangat tinggi. Pengukuran malnutrisi yang sederhana, cepat, murah untuk lansia salah satunya adalah dengan pengukuran antropometri. Pengukuran status gizi pada lansia tidak hanya bergantung pada berat badan, namun juga melihat tinggi badan. 15,16 Tinggi lutut dan panjang lengan sejak tahun 1999 telah direkomendasikan oleh WHO (1999) sebagai alat bantu pengganti untuk mengukur tinggi badan bagi lansia yang menggunakan kursi roda atau harus berbaring karena tidak mampu berjalan. 14 Persamaan untuk memprediksi tinggi badan pada lansia sudah banyak ditemukan diberbagai kepustakaan. Namun, persamaan tersebut hanya spesifik untuk beberapa kelompok tertentu, yang dibatasi oleh jenis kelamin, usia, suku dan status kesehatan seseorang. Tinggi badan sangat diperlukan dalam pengukuran status gizi seseorang. Bersamaan dengan pengukuran berat badan, tinggi badan merupakan parameter yang sangat penting untuk mengukur energi metabolisme basal, pengeluaran energi basal, memperkirakan kebutuhan zat gizi, dan menghitung komposisi tubuh seseorang. 17 Pada lansia, terjadi kesulitan dalam meng- ukur tinggi badan. Hal ini disebabkan karena pada proses penuaan, terjadi perubahan postur tubuh dan penipisan diskus vertebra yang dapat menyebabkan penurunan tinggi badan lansia. 14 Panjang dari tulang kaki tidak berkurang karena usia, oleh karena itu, tinggi lutut dapat digunakan sebagai pengganti pengukuran tinggi badan pada lansia. 18 Salah satu indikator yang digunakan untuk pengukuran tinggi badan pada lansia adalah dengan mengukur tinggi lutut menggunakan rumus Chumlea. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa tidak ada perbedaan antara pengukuran tinggi badan menggunakan microtoise dengan pengukuran tinggi badan menggunakan rumus Chumlea.
Image of page 4
Image of page 5
  • Summer '19
  • Andreas

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes