Pada bulan april 1945 pasukan partisan berhasil

This preview shows page 5 - 7 out of 16 pages.

Pada bulan April 1945, pasukan Partisan berhasil meguasai wilayah Yugoslavia dan memaksa pasukan Jerman untuk angkat kaki. Pasukan Partisan ini merupakan kelompok berhaluan komunis yang dipimpin oleh Josip Broz Tito. Kelompok ini merekrut anggota dari berbagai etnis dan agama, sehingga bisa merekrut anggota dengan jumlah yang banyak dan cepat. Dikombinasikan oleh aliran bantuan dari negara-negara sekutu musuh Jerman.Pad a bulan November 1945 partai pimpinan Josip Broz Tito (Naridni Front) memenangkan pemilu untuk menentukan komposisi anggota parlemendengan perolehan suara 90%. Pada 29 November 1945 Majelis Konstituen membubarkan Kerajaan Yugoslavia dan mendeklarasikan berdirinya Republikrakyat Federal Yugoslavia. Dengan 6 negara penyusun yaitu Bosnia-Herzegvina, Kroasia, Makedonia, Montenegro , Serbia, dan Slovenia. Di masa kepemimpinan Tito Yugoslavia cukup populer di dunia internasional, berkat popularitas kepemimpinan pribadi Tito. Figur Tito sebagai tokoh pemersatu bangsa Yugoslavia memang tepat karena disamping bakat kepemimpinan dan kewibawaannya, sebagai keturunan dari etnis Kroasia Tito menikah dengan warga etnis Serbia. Akan tetapi keadaan kemudian berubah yaitu ketika pada bulan Mei 1980 Tito meninggal dunia tanpa sempat mempersiapkan pengganti yang sekuat dirinya. Sepeninggal Tito, kehidupan politik dan negara seakan-akan kehilangan arah. Negara yang kemudian dipimpin secara kolektip oleh suatu badan presidensi berjumlah delapan orang dan partai juga dipimpin Presidium beranggotakan 24 orang, ternyata praktek pengambilan keputusan sering berbenturan satu sama lain, sesuai dengan kepentingan masing-masing dan memperdalam perpecahan. Demikian juga pengaruh pimpinan Federal (partai maupun Negara) menjadi semakin berkurang, dan dilain fihak pengaruh kekuasaan Republik bagian menjadi bertambah kuat Semakin parahnya krisis yang menimpa Yugoslavia pada gilirannya turut berdampak pada melonjaknya inflasi dan membludaknya pengangguran. Dikombinasikan dengan dendam lama warisan Perang Dunia II, hubungan antar etnis yang menghuni yugoslavia semain lama semakin memanas. Pada tahun 1989, Slobodan Milosevic terpilih menjadi presiden negara bagian Serbiasetelah menyatakan dukungannya pada etnis Serbia dalam konflik antara etnis Albania dan Serbia di Provinsi
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

Kosovo. Tak lama kemudian , Milosevic berhasil menempatkan sekutunya menjadi perwakilan Montenegro, Vojvodina, dan kosovo dalam kepresidenan sehingga mereka bersedia mendukung milosevic memperkuat kontrol pemerintaha pusat atas negara-negara bagian yugoslavia. Namun tidak semua anggota kepresidenan memdukung rencana milosevic tersebut. Bulan Desember 1990 pemerintah negara bagian Slovenia mengelar referendum yang berhasil dimenangkan oleh golongan prndukung kemenrdekaan. Di ikuti oleh Kroasia pada Mei 1991. Tidak ingin melihat Slovenia dan Kroasia merdeka, pemerintahan pusat Yugoslavia mengirimkan pasukan ke 2 negara bagian tersebut .
Image of page 6
Image of page 7
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask bonus questions You can ask questions ( expire soon) You can ask questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes