Ragam Bahasa Tulis Ragam bahasa tulis adalah ragam bahasa yang ditulis atau

Ragam bahasa tulis ragam bahasa tulis adalah ragam

This preview shows page 49 - 51 out of 185 pages.

Ragam Bahasa Tulis Ragam bahasa tulis adalah ragam bahasa yang ditulis atau dicetak dengan memperhatikan penempatan tanda baca dan ejaan secara benar. Ragam bahasa tulis dapat bersifat formal, semiformal, dan nonformal. Dalam penulisan makalah seminar dan skripsi, penulis harus menggunakan ragam bahasa formal; sedangkan ragam bahasa semiformal digunakan dalam perkuliahan, dan ragam bahasa nonformal digunakan interaksi keseharian secara informal. b. Laras Bahasa Laras bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan fungsi pemakaiannya. Laras bahasa juga dikenal dengan gaya atau style . Pemakaian bahasa kalangan kedokteran tentu berbeda dengan pemakaian bahasa teknisi bangunan. Bahasa yang digunakan orang-orang muda berbeda dengan bahasa kalangan lanjut usia. Bahasa militer berbeda dengan bahasa bangsawan. Begitu pula bahasa para guru atau dosen berbeda dengan bahasa sekumpulan sopir bis. Laras bahasa terkait langsung dengan lingkung bidang ( home style ) pemakainya. Para ilmuwan menggunakan bahasa ilmiah laras keilmuan yang ditandai dengan pemakaian kosa kata, istilah kelimuan, dan kalimat-kalimat yang mencerminkan kelompok mereka. Sementara di kalangan para politikus digunakan bahasa laras politik yang dicirikan dengan penggunaan kosa kata, istilah, atau kalimat-kalimat bernuansa politik. Telah disampaikan bahwa laras bahasa terkait dengan bahasa dan penggunaannya. Dalam ilmu sosiolinguistik, laras bahasa juga disebut register
Image of page 49
` Keterampilan Berbahasa Indonesia, Modul 2 | Uraian Materi Pembelajaran 44 Modul 2 (Hudson, 1980: 48), yaitu satu istilah teknik untuk menerangkan perlakuan bahasa ( linguistik behaviour ) seorang individu dalam berbahasa. Pembahasan tentang laras bahasa tidak terlepas dari dua konsep, yaitu pengguna (penutur atau penulis) dan penggunaan. Pengguna adalah orang yang menggunakan bahasa yang menyebabkan timbulnya dialek. Misalnya, bahasa Melayu dialek Jambi, bahasa Melayu dialek Padang, bahasa Jawa dialek Banyumas, bahasa Jawa dialek Surabaya, dan lain-lain. Penggunaaan adalah bagaimana sesuatu bahasa itu digunakan secara berbeda-beda dalam pelbagai situasi. Penggunaan bahasa yang berbeda-beda ini melahirkan laras, yaitu perbedaan berdasarkan situasi dan faktor lain yang melahirkan kata-kata yang berbeda mengikut keadaan. Misalnya, kata-kata yang digunakan untuk bersendau- gurau berbeda dengan kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Penggunaan bahasa yang berbeda-beda berdasarkan faktor-faktor sosial seperti keadaan dan tempat disebut laras ; sedangkan penggunaan bahasa yang berbeda- beda mengikut faktor geografi atau daerah disebut sebagai dialek . Laras bahasa biasanya berubah-ubah mengikut situasi. Ciri-ciri laras yang penting ialah perbendaharaan kata, susunan kalimat dan frasa yang digunakan.
Image of page 50
Image of page 51

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes