3 dt 27162 m 3 dt 5631 m 3 dt dan 15274 m 3 dt hasil

  • No School
  • AA 1
  • 9

This preview shows page 1 - 3 out of 9 pages.

3 /dt, 271,62 m 3 /dt, 56,31 m 3 /dt dan 152,74 m 3 /dt. Hasil perhitungan dari setiap metode HSS tidak bisa diputuskan yang paling sesuai dengan hidrograf terukur pada DAS Keduang, karena setiap metode HSS memiliki keunggulan berbeda-beda dari debit puncak, waktu puncak, dan volume pada tiap kejadian hujan. Kata kunci : Pengalihragaman Hujan, Hidrograf Satuan Sintetis, Kalibrasi Model PENDAHULUAN Daerah Aliran Sungai (DAS) Keduang merupakan DAS yang paling besar di antara DAS lainnya yang berada di DAS Waduk Wonogiri. Hingga kini kontribusi air dari DAS Keduang terhadap Waduk Wonogiri belum dapat diketahui metode yang paling cocok. Salah satu cara untuk mengetahui besarnya kontribusi air DAS Keduang adalah dengan memprediksi besarnya aliran dari data hujan yang ada, oleh karena itu data hujan sebagai masukan utama proses pengalihragaman hujan menjadi aliran menjadi suatu hal yang sangat penting dan harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Kondisi hujan tersebut merupakan salah satu hal yang menarik untuk diteliti (Agustin, 2010). Gathot Bayu (2013) dalam penelitiannya di Waduk Wonogiri dengan menggunakan analisa debit menggunakan Time Area Method , dengan memakai perkiraan debit banjir berbasis metode Rasional, selanjutnya melakukan perbandingan antara debit terukur dan debit terhitung. Hasil yang diperoleh suatu hidrograf terhitung pada lengkung naik mendekati hidrograf terukur namun terjadi perbedaan yang cukup jauh di daerah lengkung turunnya. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan analisis Hidrograf Satuan Sintetis (HSS) dengan metode GAMA I, ITB-1, ITB-2, Limantara, Nakayasu, dan Snyder-Alexeyev. Pada penelitian ini data hujan yang digunakan adalah data hujan otomatis dan hujan wilayah dibuat pola distribusi hujan jam-jaman yang dianggap tetap. Sehingga tujuan penelitian ini tercapai dengan diketahuinya suatu debit
Image of page 1
e-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL/ September 2014 / 361 puncak hidrograf terukur dan perhitungan. Setelah debit puncak dikalibrasi maka dapat ditentukan metode HSS mana yang mendekati hidrograf terukur. LANDASAN TEORI Pemahaman dan penerapan ilmu hidrologi menyangkut pemahaman proses pengalihragaman ( transformation ) dari satu set masukan menjadi satu set keluaran melalui satu proses dalam sistem hidrologi. Skema sederhana tersebut menyangkut pengukuran-pengukuran variabel dan parameter yang cukup banyak, karena hanya dengan data dan informasi yang terkumpul tersebut proses hidrologi dapat dipahami secara menyeluruh. Pemahaman secara detail membutuhkan pengukuran dan pengamatan yang menyeluruh dan cermat. Kebutuhan ini didasarkan pada kebutuhan informasi, baik besaran maupun penyebarannya sebagai fungsi waktu dan ruang ( time and spacial distribution ). Liku Kalibrasi ( Ratting Curve ) Pembacaan rekaman AWLR diubah menjadi hidrograf aliran dengan liku kalibrasi ( rating curve ) yang merupakan grafik hubungan antara tinggi muka air dengan debit aliran sungai di suatu lokasi (Baniva, 2013). Rating curve DAS Keduang didapatkan dari Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Surakarta Propinsi Jawa Tengah tahun 1996, yang persamaannya dapat ditulis sebagai berikut : Q = 35,17 x H 2.228 ................................................................................................................................................... [ 1] dengan : Q = debit (m 3 /dt), H = tinggi muka air (m).
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 9 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes