Munculnya inisiatif keterbukaan pemerintah open government diproyeksikan untuk

Munculnya inisiatif keterbukaan pemerintah open

This preview shows page 7 - 10 out of 10 pages.

Munculnya inisiatif keterbukaan pemerintah ( open government ), diproyeksikan untuk memanfaatkan inovasi teknologi dalam tata kelola pemerintahan. Gelombang open government kemudian melanda global, termasuk Indonesia yang mulai mengadopsi tahun 2011 dan disebut sebagai masa depan tata kelola pemerintahan di Indonesia. Inti dari open government adalah gagasan tentang transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas. Jika ada hal yang mungkin paling dikhawatirkan dari open government adalah
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

melawan “keterbukaan” itu sendiri, bahwa seringkali ia tidak “terbuka” sepenuhnya. Open government mensyaratkan open data . Data akan sangat penting selamanya, sekarang, dan di masa depan. Walaupun terkadang tidak disadari sepenuhnya, kini revolusi industri 4.0 telah membuka batin kesadaran itu. Tidak hanya pemerintah yang menerima data terbuka meningkatkan akuntabilitas dan efesiensi publik, ia juga akan menuai manfaat sosial dan ekonomi dari membuka data bagi warga. Daripada mendekam dalam sistem computer kementrian atau lembaga untuk dilihat oleh segelintir pejabat, data dapat diakses dan digunakan oleh warga untuk mendorong kewirausahaan, inovasi, dan pemecahan masalah sosial, meningkatkan ekonomi dan sosialnya secara eksponensial. Industri Di Masa Depan Industri 4.0 tidak lepas dari penggunaan robot. Penggunaan robot dalam manufaktur telah meningkat sejak 1960-an. Ketika teknologi semakin matang, robot mulai digunakan di bidang lain, seperti logistic, dan industri medis dan makanan. Penggerak utama di balik munculnya robot industri dikatakan keinginan untuk mengurangi atau menghilangkan pekerjaan yang membosankan, berbahaya, dan kotor. Tetapi pendorong penting yang lainnya yaitu kebutuhan untuk konsistensi kualitas dan konsistensi aliran dalam manufaktur. Saat ini, robot tidak hanya digunakan di pabrik besar dan fasilitas logistic, tetapi mudah digunakan dalam bisnis kecil dan menengah berkat munculnya robot kolaboratif yang lebih kecil, lebih terjangkau. Robot kolaboratif adalah alat yang tepat yang dibutuhkan perusahaan unntuk menghasilkan produk yang dipersonalisasi yang diminati konsumen saat ini. Robot kolaboratif membawa sentuhan manusia kepada massa. Jauh dari ribot industri yang dipagari yang menggantikan pekerja manusia dengan proses otomatis, robot kolaboratif meningkatkan keahlian manusia dengan kecepatan, akurasi dan dibutuhkan ketelitian untuk membuat produk modern dengan sentuhan manusia. Kembalinya sentuhan manusia dipercayai bahwa produk yang dipersonalisasi yang paling diminati konsumen dan paling banyak dibayar adalah produk yang memiliki ciri khas perawatan dan pengerjaan manusia. Produk seperti ini hanya dapat dibuat melalui keterlibatan manusia.
Image of page 8
Konsumen ingin menerima teknologi, mereka tidak keberatan jika otomatisasi, tetapi mereka mendambakan jejak pribadi desainer manusia dan pengrajin., yang menghasilkan sesuatu yang istimewa dan unik melalui upaya mereka pribadi. Ini adalah personalisasi. Inilah masa depan.
Image of page 9

Subscribe to view the full document.

KESIMPULAN Revolusi Industri 4.0 merupakan istilah bagi revolusi industri ke-4 setelah dunia
Image of page 10
  • Fall '17
  • DR. AINI INDRIJAWATI, SE., M.Si., AK., CA.

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes