Pemilihan bentuk tes uraian bertujuan untuk

This preview shows page 14 - 16 out of 30 pages.

Pemilihan bentuk tes uraian bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan komunikasi matematik siswa secara menyeluruh terhadap materi ligkaran di SMP. 2.6 Asassement Kemampuan Komunikasi Matematika Penilaian merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan proses dan hasil belajar, sehingga guru dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa. Guru perlu menjadikan penilaian sebagai fase penting dalam pembelajaran, sehingga melalui proses penilaian tidak hanya berguna untuk menguji sejauh mana pemahaman siswa, tetapi juga melatih siswa untk mengaplikasikan kemampuan yang dimilikinya atau yang baru saja dimilikinya selama pembelajaran. Dengan demikian kemampuan yang dimiliki akan terasah, dan guru juga akan dapat dengan jelas mengidentifikasi kemampuan siswa dan tindakan apa yang harus diberikan kepada siswa. Herman (Mulya: 2017) mengatakan beberapa teknik penilaian yang dapat memudahkan guru untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik siswa, ada beberapa teknik penilaian pada assessment yang dapat digunakan guru yaitu observasi, bertanya, wawancara, tugas, asesmen diri, sampel kerja siswa, jurnal, tes, dan portfolio Sedangkan Ani (Mulya: 2017) menyebutkan beberapa teknik assesmen yaitu obeservasi, penilaian diri, penilaian antar siswa, jurnal, tes praktek, projek, portfolio, tes tulis, tes lisan, penugasan. Dari pendapat diatas penulis memaparkan teknik-teknik yang digunakana pada assesment dapat digunakan untuk mengukur indikator komunikasi matematik tertentu. 11
Image of page 14

Subscribe to view the full document.

1. Observasi dilakukan secara berkesinambungan baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai perilaku siswa. Observasi adalah teknik penilaian paling awal yang dilakukan. Guru-guru memonitor siswa-siswanya untuk mengukur kemajuan yang diperoleh. Melalui observasi guru akan memperoleh gambaran mengenai sikap siswa terhadap matematika. Catatan hasil obeservasi akan sangat berguna bukan hanya sebagai anecdital record keperluan asesmen dan perencanaan pembelajaran, namun juga diperlukan dalam menentukan tindakan apa yang harus dilakukan segera ketika guru mempresentasikan konsep baru. Melalui observasi guru dapat mengukur kekuatan, kelemahan, interes, dan sikap siswa termasuk pada kemampuan komunikasi matematiknya. Sehingga dapat memberikan feed back untuk perbaikan baik pada proses pembelajaran dan berusaha meningkatkan kemampuan siswa. Oleh karena itu penting bagi guru untuk menjadikan observasi sebagai bagian sistematik penilaian, dan selalu menentukan fokus tentang apa yang ingin diketahui dari siswa dan terakhir tidak lupa membuat dokumen atau mencatat hasil obervasi dan memberikan feed back kepada siswa yang membutuhkan. 2. Penilaian diri, yaitu meminta siswa mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam pencapaian kompetensi. Penilaian diri sendiri (self assessment) menghendaki siswa menilai partisipasi, proses dan produknya sendiri. Secara tidak lansung penilaian diri akan mendorong siswa untuk berusaha agar lebih baik pada kompetensi berikutnya. Dengan penilaian diri siswa akan merasa bertanggung jawab atas kegiatan belajar yang dilakukannya. Misalnya saat siswa mengecek pekerjaannya benar atau salah,
Image of page 15
Image of page 16
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes