Analisis data menggunakan uji beda Wilcoxon signed rank test Hasil Sebagian

Analisis data menggunakan uji beda wilcoxon signed

This preview shows page 1 - 3 out of 6 pages.

cm. Analisis data menggunakan uji beda Wilcoxon signed rank test. Hasil: Sebagian besar subyek berjenis kelamin perempuan, dengan usia 59-88 tahun. Rerata umur subyek sebesar 71±8,7 tahun. Rerata tinggi badan perempuan dan laki-laki adalah 146,8±5,6 cm, dan 160,8±6,2 cm. Rerata tinggi badan perempuan dan laki-laki dengan rumus Chumlea, adalah 154,3±7,03 cm dan 159,1±6,78 cm, dengan perbedaan yang tidak bermakna (p=0,077). Simpulan: Tidak ada perbedaan pengukuran tinggi badan menggunakan microtoise dan rumus Chumlea. * Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Jl. Dr. Sutomo 14 Semarang Email: [email protected] ** Bagian Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Jl. Dr. Sutomo 14 Semarang *** Subbagian Geriatri, Bagian Ilmu Penyakit Dalam, RSUP Dr. Kariadi, Jl. Dr. Sutomo 14 Semarang Artikel Asli M Med Indones
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Media Medika Indonesiana Volume 46, Nomor 1, Tahun 2012 2 PENDAHULUAN Latar belakang Penilaian komposisi tubuh pada pada orang tua sangat diperlukan mengingat golongan usia tersebut relatif rentan terhadap penyakit. Parameter penting yang digunakan untuk memperkirakan komposisi tubuh antara lain tinggi badan dan berat badan untuk mendapatkan indeks massa tubuh (IMT), serta massa lemak. Tinggi badan, baik secara tunggal atau dikombinasikan dengan berat badan terbukti dapat dijadikan parameter berbagai hal, salah satunya adalah struktur dan fungsi kardiovaskuler. 1 Keakuratan pengukuran tinggi badan mutlak diperlukan untuk mendapatkan nilai parameter yang benar. Pengukuran tinggi badan merupakan hal yang mudah dilakukan untuk golongan anak dan usia muda namun tidak demikian halnya dengan usia tua. Banyak lansia yang mengalami deformitas pada tulang belakang sehingga tinggi badan berkurang atau bahkan tidak mampu berdiri tegak. Pada populasi ini diperlukan pengukuran lain dari tubuh yang dapat mencerminkan tinggi badan. Hal ini disebabkan sebenarnya diskus antar tulang vertebra (termasuk ruas tulang belakang itu sendiri) telah menipis akibat osteoporosis, di samping mungkin pula telah terjadi skoliosis. Sebagai ganti pengukuran tinggi badan dapat digunakan panjang rentang tangan (arm span). 2,3 Pada populasi ini diperlukan pengukuran lain dari tubuh yang dapat mencerminkan tinggi badan. Pengukuran yang sering digunakan untuk memperkirakan tinggi badan adalah tinggi lutut dan rentang lengan. 4 Nilai tinggi lutut dan rentang lengan dimasukkan ke persamaan tertentu untuk mendapatkan nilai tinggi badan. Ada banyak persamaan yang dapat digunakan, yang biasanya dibedakan berdasarkan ras dan jenis kelamin. Pada umumnya persamaan yang ada digunakan untuk ras Kaukasia, sehingga tidak sesuai untuk digunakan di Indonesia. Tinggi lutut sering menunjukkan korelasi yang lebih kuat terhadap tinggi badan dibandingkan rentang lengan. 5-7 Tinggi badan merupakan salah satu pengukuran status gizi pada dewasa dan lansia. Salah satu pengukuran antropometri adalah dengan mengukur tinggi lutut (knee height measurement device). Tinggi lutut erat kaitannya dengan tinggi badan seseorang dan dapat digunakan untuk mengukur tinggi badan penderita gangguan tulang belakang atau seseorang yang tidak dapat berdiri.
Image of page 2
Image of page 3
  • Summer '19
  • Andreas

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes