JIka kedua hal tersebut ada pada setiap anggota tim maka akan timbul sense of

Jika kedua hal tersebut ada pada setiap anggota tim

This preview shows page 38 - 41 out of 58 pages.

JIka kedua hal tersebut ada pada setiap anggota tim, maka akan timbul “sense of confidence” atau kepercayaan diri baik bagi para individu personil tim maupun tim secara keseluruhan. Dan tentu ini sangat bermanfaat bagi proses kerja dan ketercapaian kinerja tim. D. Komitment Bersama Dalam Tim Komitmen bersama dalam tim efektif merupakan “team spirit”/semangat kerja bagi individu dan juga tim secara keseluruhan. “Team spirit” ini akan melahirkan “sense of loyalty”, “sense of excitement”, antusiasme dan dedikasi untuk pencapaian tujuan tim. Dalam konteks komitmen bersama ini, setiap anggota dalam tim merasa memiliki (taking ownership) atas tujuan tim dimana setiap anggota tim merasa puas secara personal atas pencapaian tujuan tim melalui kontribusi mereka. Komitmen bersama ini adalah hasil dari apa yang disebut sebagai “Team Engagement”. E. Iklim Kerjasama yang Kondusif Tim efektif memiliki apa yang disebut sebagai iklim kerjasama yang kondusif. Iklim kerjasama yang kondusif ini ditandai dengan sejauh mana seluruh anggota tim berkomunikasi secara terbuka, bersama memecahkan masalah yang timbul, berbagi informasi, saling membantu satu sama lain untuk memecahkan masalah/hambatan dan saling membantu dalam mencari pemecahan setiap hambatan dalam rangka mencapai tujuan tim. Ada semacam “ sense of mutual
Image of page 38
33 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator accountability” selain “sense of individual accountability”. Dengan adanya “sense of mutual accountability” ini maka setiap personal dalam tim merasa bahwa jika tujuan tim tidak tercapai maka itu berarti pula tidak tercapainya tujuan pribadinya. Karakteristik iklim kerjasama yang kondusif ini ditandai dengan adanya kejujuran dan integritas para anggota tim, keterbukaan, keinginan dan kesempatan untuk berbagi informasi dan ide, sikap saling menghargai (respect) di antara anggota tim. F. Standar Ukuran Keberhasikan Tim Untuk menjadi sebuah tim yang efektif dibutuhkan adanya suatu standar yang dijadikan ukuran keberhasilan tim. Standar ukuran ini akan menjadikan dorongan bagi tim untuk berkinerja sesuai dengan standar yang ditentukan. Ketiadaan atau ketidakjelasan standar ukuran ini akan membuat tim tidak berkinerja dengan baik. Selain itu, dengan adanya standar yang tersajikan dengan jelas akan menjadi dorongan bagi anggota tim untuk mencapainya. Terdapat 3 (dua) jenis standar ukuran keberhasilan tim, yaitu: 1. Ukuran keberhasilan Individu/personil tim: ukuran ini terkait dengan kinerja yang diharapkan dari masing-masing personil di dalam tim/ standar keberhasilan dari masing- masing individu. Ukuran keberhasilan ini akan membuat personil tim terdorong untuk mencapainya. 2. Ukuran keberhasilan tim: Ukuran ini terkait dengan kinerja tim secara keseluruhan. Ukuran ini meliputi standar hasil dan juga standar proses kerjasama diantara para personel.
Image of page 39
34 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator 3. Ukuran/standar konsekuensi dari sukses dan kegagalan individu/tim: Ukuran ini memberikan informasi sejauh mana insentif/disinsentif yang akan diterima oleh personil tim terkait dengan kesuksesan dan kegagalan mereka dan tim.
Image of page 40
Image of page 41

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 58 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors