Resiko tak tertagihnya piutang dari pihak luarperusahaan disebabkan karena

Resiko tak tertagihnya piutang dari pihak

This preview shows page 4 - 7 out of 15 pages.

maupun daridalam perusahaan sendiri. Resiko tak tertagihnya piutang dari pihak luarperusahaan disebabkan karena adanya pelanggan yang tidak mampu melunasikewajibannya pada saat jatuh tempo karena bangkrut, meninggal dunia atau karenasebab lainnya. Adapun resiko yang berasal dari dalam perusahaan dapat disebabkankarena kelalaian dan penyalahgunaan o l e h k a r y a w a n p e r u s a h a a n y a n g bersangkutan. Pengakuan piutang dilakukan saat timbulnya piutang yaitu pada saatterjadinya penjualan kredit. Dalam penjualan kredit terdapat dua syarat penyerahanbarang yaitu FOB shipping point dan FOB destination. Metode FOB shippingPoint mengakui piutang pada saat barang dagang dikirimkan oleh penjualkegudang pembeli dan seluruh biaya dan resiko dalam perjalanan ditanggung olehpembeli. Sedangkan pada FOB destination piutang diakui pada saat barang telahditerima digudang pembeli sementara seluruh resiko selama pengiriman barangdagang menjadi tanggungan pihak penjual. 2. RUMUSAN MASALAH 1.Untuk mengetahui bagaimana konsep akuntansi. 2.Untuk mengetahui bagaimana konsep akuntansi pajak. 3.Untuk mengetahui bagaimana konsep piutang 4
Image of page 4
BAB II PEMBAHASAN 2.1 PENGERTIAN PIUTANG Piutang merupakan bagian dari aset lancar. Aset lancar merupakan aset yang diharapkan akan direalisasi dalam siklus aset operasi berjalan. Apabila ditinjau dari sumber terjadinya piutang digolongkan menjadi dua kategori, sebagai berikut. A. PIUTANG USAHA Piutang usaha (account receivables) meliputi piutang yang timbul karena adanya penjualan produk atau penyerahan jasa dalam rangka kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang ini seluruhnya dapat dimasukkan ke dalam aset lancar, dengan syarat jangka waktu penagihannya kurang dari satu tahun atau satu siklus usaha normal. B. PIUTANG LAIN LAIN Piutang lain-lain (other receivables) timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang ini diharapkan akan direalisasikan dalam waktu satu tahun. 2.2 PENYAJIAN DALAM LAPORAN PIUTANG Penyajian piutang usaha dan piutang lain-lain dalam laporan keuangan harus secara terpisah dengan menggunakan identifikasi yang jelas. Sebagai contoh, disebutkan piutang penjualan angsuran. Piutang dalam laporan keuangan tersebut juga dinyatakan sebesar jumlah kotor tagihan diikuti dengan jumlah taksiran piutang yang tidak dapat ditagih atau piutang yang diragukan. Bentuk piutang lain-lain seperti piutang yang dijaminkan disyaratkan harus diungkapkan dalam catatan laporan keuangan. Demikian pula diperlukan penjelasan untuk penjualan yang diikuti perjanjian untuk dibeli kembali 5
Image of page 5
2.3 AKUNTANSI ATAS PIUTANG Perlakuan akuntansi atas piutang tetap mendasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Pada umumnya sering memberikan potongan kepada para pelanggan karena membayar tunai atau pelanggan membeli barang dalam jumlah besar. Dalam transaksi penjualan biasanya juga terdapat syarat jual beli yang menunjukkan unsur penjualan kredit, sebagai contoh 3/10 dan n/10. Persyaratan dimaksudkan bahwa potongan tunai 3% diberikan apabila pembayaran dilakukan dalam jangka waktu 10 (sepuluh) setelah tanggal transaksi, namun kredit harus dilunasi sepenuhnya dalam 30 (tiga puluh) hari.
Image of page 6
Image of page 7

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 15 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes