Psak no 55 paragaraf 64 revisi 2006 tentang

This preview shows page 87 - 89 out of 154 pages.

konservatif pada penilaian account receivable. PSAK No. 55 paragaraf 64 (revisi 2006) tentang penilaiaan keuangan: pengakuan dan pengukuran dinyatakan “jika terdapat bukti obyektif bahwa kerugian penurunan nilai terendah terjadi atas pinjaman yang diberikan dan piutang atau investasi dalam kelompok dimiliki hingga jatuh tempo yang dicatat pada biaya perolehan diamortisasi, maka jumlah kerugian tersebut diukur sebagai selisih antara nilai tercatat aset dengan nilai kini estimasi arus kas masa datang yang didiskontokan menggunakan suku bunga efektif awal dan aset tersebut (yaitu suku bunga efektif yang dihitung saaat pengakuan awal). Nilai tercatat aset tersebut dikurangi, baik secara langsung maupun menggunakan pos cadangan. g. Persediaan Sunbeam meningkat 40 percent selama tahun 1997-an, peningkatan tidak dibenarkan oleh order backlogs. Namun dengan peningkatan produksi perusahaan diizinkan untuk mengkapitalisasi manufacturing overhead ke dalam persediaan yang seharusnya telah dibebankan pada laba tahun 1997 sebagai kerugian kapasitas. Jawaban: Auditor melihat pada kasus ini bawa persediaannya meningkat 40 % selama tahun 1997. Jadi auditor harus melihat perhitungan persediaannya tahun dari 1996 sampai dgn 1997. Dan menghitung berapa harga pokok penjualannya. Jadi di permasalahan ini sunbeam telah melanggar Standar akuntansi tentang persediaan yang diatur pada PSAK 14 dimana sanbeam telah mencatat manufacturing overhead dari kerugian kapasitas sebagai persediaan. Yang seharusnya telah dibebankan pada laba tahun 1997 sebagai kerugian kapasitas. PSAK 14 : Pengakuan sebagai Beban Jika persediaan dijual, maka nilai tercatat persediaan tersebut harus diakui sebagai beban pada periode diakuinya pendapatan atas penjualan tersebut. Setiap penurunan nilai persediaan di bawah biaya menjadi nilai
Image of page 87
LEARDO ARLES DOCUMENT 2014 88 realisasi neto dan seluruh kerugian persediaan harus diakui sebagai beban pada periode terjadinya penurunan atau kerugian tersebut. Setiap pemulihan kembali penurunan nilai persediaan karena peningkatan kembali nilai realisasi neto, harus diakui sebagai pengurangan terhadap jumlah beban persediaan pada periode terjadinya pemulihan tersebut. h. Perusahaan menunda pencatatan penjualan tahun 1996 (tahun kerugian) dan pendapatan diakui di tahun 1997. Pada akhir tahun 1997, $35 juta dari penjualan telah dibukukan, dengan terdapat penjualan “ bill and hold ”. Jawaban: Pandangan sebagai auditor dipermasalahan ini sunbeam tidak mencatat penjualan nya ditahun 1996 dan telah mempercepat penjualan dari periode selanjutnya ke kuartal masa kini. Dengan hasil akhir tahun 1997, $35 juta dari penjualan telah dibukukan. Dan terdapat kejanggalan dimana sunbeam melakukan hal yang tidak benar dengan melakukan transaksi “bill -and- hold”, dimana menggembungkan pesanan bulan depan dari pengiriman sebenarnya dan tagihannya.
Image of page 88
Image of page 89

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 154 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes