Dalam hal independensi NYSE mensyaratkan perusahaan untuk mengungkapkan bahwa

Dalam hal independensi nyse mensyaratkan perusahaan

This preview shows page 29 - 32 out of 90 pages.

Dalam hal independensi, NYSE mensyaratkan perusahaan untuk mengungkapkan bahwa independent directors tidak mempunyai hubungan material dangan perusahaan yang bersangkutan, dan mengungkapkan kriteria yang digunakan untuk menyatakan independensi tersebut. 2.1.4 Kemampuan di Bidang Akuntansi dan Keuangan (Kompetensi) Anggota Komite Audit disyaratkan independen dan sekurang-kurangnya ada satu orang yang memiliki kemampuan di bidang akuntansi atau keuangan. Keberadaan anggota Komite Audit yang memiliki kemampuan/pengalaman di bidang akuntansi atau keuangan sudah disyaratkan oleh BEJ, tetai belum menjelaskan secara detail mengenai kriteria orang yang mempunyai kemampuan di bidang akuntansi atau keuangan. NYSE dalam standarnya mensyaratkan semua anggota Komite Audit dapat membaca laporan keuangan dan sekurang-kurangnya ada satu orang yang memiliki keahlian di bidang akuntansi atau keuangan. NYSE yakin keberadaan ahli akuntansi atau keuangan ini akan lebih memberdayakan Komite Audit untuk melakukan penilaian secara independen atas informasi yang diterimanya. Mengenali permasalahan dan mencari solusi yang tepat. Kriteria tentang orang yang dianggap memiliki kemamuan di bidang akuntansi atau keuangan tidak disebutkan.
Image of page 29
30 The Sarbanes Oxley Act menyinggung tentang keberadaan ahli akuntansi atau keuangan dalam Komite Audit tetapi tidak meberikan kriteria yang pasti mengenai orang yang daat disebut sebagai ” financial expert ”. UU ini hanya meminta SEC merumuskan kriteria ” financial expert ” dengan memperhatikan beberapa hal berikut: 1. Pengalaman sebelumnya sebagai akuntan publik atau auditor, CFO, controller. Chief accounting officer , atau posisi yang sejenis. 2. Pemahaman terhadap Standar Akuntansi Keuangan dan laporan keuangan. 3. Pengalaman dalam audit atas laporan keuangan perusahaan 4. Pengalaman dalam pengendalian internal 5. Pemahaman atas akuntansi untuk penaksiran ( estimates ), accruals , dan cadangan ( reserves ) 2.1.5 Komisaris Independen Dewan komisaris menggambarkan puncak dari sistem pengendalian pada perusahaan besar, yang memiliki peran ganda yaitu peran untuk memonitor dan sebagai pengesahan ( ratification ). Agar pelaksana ratifikasi efektif, Dewan Komisaris melibatkan manajer internal dengan keahlian tertentu, sedangkan agar pelaksanaan pengawasan efektif maka dewan komisaris memasukkan anggota manajemen dari luar yang independen. Terdapat usulan dari dewan yang memandang aktivitas monitor oleh komisaris eksternal sebagai pusat dari pemecahan masalah agency (antara manajer dan pemegang saham) yang efektif (Fama dan Jensen, 1983). Menurut pandangan ini, pengendalian keputusan yang efektif merupakan fungsi positif dari rasio Dewan Komisaris eksternal dengan total keanggotaan Dewan Komisaris. Tujuan dari aktivitas pengawasan dari Dewan Komisaris eksternal adalah
Image of page 30
31 untuk memberikan signal kepada pasar tenaga kerja eksternal mengenai reputasi aktivitas pengawasan yang efektif di dalam perusahaan.
Image of page 31
Image of page 32

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 90 pages?

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes