Peregangan punggung atas 1 rentangkan kedua tangan

This preview shows page 24 - 29 out of 39 pages.

PereganganPunggungAtas1. Rentangkan kedua tangan lurus di depan dada setinggi bahu, kunci telapak tangan menghadapke luar tubuh2. Jaga postur tubuh tegak menghadap ke depan sampai punggung dan bahu atas merasa adaperegangan, tahan selama 5-10 detik.3. Angkat dan regangkan kedua lengan keatas, tetap pertahankan posisi lengan lurus dan keduatangan terkunci. Jaga perut ketat agar punggung belakang tidak menekuk. Bernafas normal dantahan sampai 10 detik.
Pereganganleher1.Duduktegakdengandagulurus2. Perlahan lahan tekuk kepada kearah bahu sampai terasa peregangan3. Tahan selama 5 detik, ulangi dengan ke arah lainnya.MengistirahatkanMataBekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinyadapat dilakukan dengan metode 20 – 20 – 20 Setelah didepan fokus monitor selama 20 menit,alihkan padangan mata ke obyek sejauh 20 ft (6 meter), selama 20 detik.MATERI K3LHKesadaran tentang penerapan K3LH dewasa ini semakin meningkat, terutama pada organisasiperusahaan yang bergerak di bidang usaha pertanian atau perkebunan. Kesadaran tentangpenerapan K3LH tersebut sejalan dengan penerapan peraturan sistem manajemen mutu ISO14000 yaitu bagi organisasi perusahaan yang memerlukan pengakuan standar Internasional.
Untuk mempermudah pelaksanaan penerapan K3LH tersebut, perlu di ketahui beberapapengertian atau istilah-istilah umum yang biasa dipergunakan yaitu sebagai berikut :a.KeselamatanKerjab.SasaranProgramK3c.TempatKerjad.Perusahaane.TenagaKerjaf.TujuandanSasaranKeselamatandanKesehatanKerjag. Penerapan Prosedur K3Arti Bentuk & Warna Simbol K3Pada simbol-simbol keselamatan, sangat sering kita temui bentuk-bentuk simbol keselamatankerja dengan beraneka ragam warna yang menarik dilihat seperti terlihat di bawah ini:
Tapi… apakah kita mengetahui arti dari warna dan simbol-simbol tersebut? Arti bentuk danwarna simbol keselamatan kerja sudah ditetapkan secara umum dan sebaiknya kita punmengetahui hal tersebut. Bentuk dan warna simbol keselamatan kerja terklasiffikasi sepertiterlihat di bawah ini:
Manfaat dari penggunaan simbol-simbol keselamatan antara lain :Menarik perhatian terhadap adanya keselamatan dan kesehatan kerjaMenunjukkan adanya potensi bahaya yang mungkin tidak terlihatMenyediakan informasi umum dan memberikan pengarahan.Mengingatkan para karyawan untuk menggunakan peralatan perlindungan diriMengindikasikan di mana peralatan darurat keselamatan berada.Memberikan peringatan waspada terhadap beberapa tindakan yang atau perilaku yang tidak diperbolehkan.Lambang (Logo/Simbol) K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Beserta Artidan Maknanya yakniLambang (Logo/Simbol) K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) beserta arti dan maknanyaterdapat dalam Kepmenaker RI 1135/MEN/1987 tentang Bendera Keselamatan dan KesehatanKerja.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture