Perusahaan yang sukses mengembangkan promosi dan

This preview shows page 16 - 18 out of 109 pages.

Perusahaan yang sukses mengembangkan promosi dan inovasi yang sejalan dengan kebutuhan pasar dan memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan untuk menghadapi persaingan dan ketidakpastian lingkungan. Perusahaan yang ingin memenangkan persaingan dituntut untuk memiliki kemampuan berinovasi lebih tinggi serta mengembangkan orientasi pasar. Selain itu, perusahaan juga harus mempertimbangkan ancaman ( threats ) dari para pesaing potensial dalam industri yang sama, ancaman dari produk substitusi, sifat intensitas persaingan dalam industri dan tawar menawar harga antara supplier dan pelanggan. Pemilihan strategi yang tepat bertujuan untuk membuat perusahaan mampu mengungguli pesaingnya dalam pertumbuhan dan perolehan laba, serta mampu bertahan dalam siklus kehidupan bisnis jangka panjang. Strategi yang dianut perusahaan akan menggambarkan seberapa besar mereka menginginkan untuk masuk dalam pasar baru dengan produk dan teknologi yang baru. Oleh karena itu, perbedaan strategi yang dianut oleh perusahaan akan ikut mempengaruhi aktivitas inovasi bagian penelitian dan pengembangan perusahaan yang bersangkutan. Porter (1980) dalam Faisal (2006) menyatakan bahwa terdapat dua jenis strategi, yaitu strategi korporat dan strategi kompetitif (unit bisnis). Strategi korporat memfokuskan pada bisnis apa dan bagaimana mengelola unit bisnis.
Image of page 16
4 Sedangkan strategi kompetitif terfokus pada penciptaan keunggulan kompetitif dan stabilitas pada masing-masing unit bisnis. Konsep-konsep strategi kompetitif menurut Miles dan Snow (1978) diklasifikasikan menjadi empat tipologi strategi operasioanal yang digunakan dalam persaingan. Tipologi tersebut adalah prospector , defender , analyzer , dan reactors . Sedangkan Olson, et al (2005) dalam Saraswati dan Atmini (2007) membagi strategi pemasaran menjadi empat macam, yaitu prospector , analyzer , low cost defender , dan differentiated defender . Keduanya mengartikan tipologi prospector dan defender sebagai dua titik ekstrim berbeda. Prospector merupakan strategi yang mengidentifikasi dan mengembangkan produk baru serta memanfaatkan peluang pasar, sedangkan defender adalah strategi yang mempertahankan pangsa pasar yang telah dicapai dan produk yang stabil dengan harga murah ( low cost leadership strategy ). Habbe dan Hartono (2001) menyatakan bahwa tipologi prospector dan defender berada pada dua titik ekstrim berbeda bahkan bertolak belakang. Tipologi prospector menekankan persaingannya melalui penawaran produk yang unik ( differentiation strategy ) menurut persepsi konsumen, pengejaran pertumbuhan penjualan, dan perluasan pangsa pasar. Sedangkan tipologi defender menekankan persaingannya melalui penawaran produk yang lebih murah ( cost leadership strategy ) dari pesaingnya menurut persepsi konsumen, produk yang stabil, mempertahankan pangsa yang telah dicapai.
Image of page 17
Image of page 18

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 109 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes