241 tipe tipe hujan 1 hujan konvektif di daerah

  • No School
  • AA 1
  • 78

This preview shows page 8 - 11 out of 78 pages.

2.4.1 Tipe-Tipe Hujan 1) Hujan Konvektif Di daerah tropis di saat musim kemarau udara yang berada di dekat permukaan tanah akan mengalami pemanasan yang intensif. Pemanasan tersebut meyebabkan rapat massa berkurang, sehingga udara basah naik ke atas dan
Image of page 8
9 Universitas Sriwijaya mengalami pendingginan dan terjadilah kondensasi dan hujan. Hujan ini biasanya bersifat sentempat dengan intensitas tinggi dan dalam durasi yang singkat. 2) Hujan Siklonik Di saat massa udara panas yang relatif ringan bertemu dengan massa udara dingin yang relatif berat, maka udara panas tersebut akan bergerak di atas udara dingin. Dari udara yang bergerak ke atas tersebut mengalami pendinginan dan terjadilah kondensasi lalu terbentuk awan dan hujan. Hujan tersebut memiliki sifat yang tidak terlalu lebat dan berlangsung dalam waktu yang cepat. 3) Hujan Orografis Udara lembab yang tertiup angin dan melintasi daerah pegununggan akan naik dan mengalami pendinginan dan akan terbentuklah awan dan hujan. Biasanya sisi dari gunung yang dilalui udara tersebut banyak medapatkan hujan dan disebut lereng hujan, sedangkan sisi belakangnya dilalui udara kering disebut dengan lereng bayangan hujan. 2.4.2 Parameter Hujan Dalam hal ini jumlah hujan yang akan jatuh di permukaan bumi biasanya dinyatakan dalam kedalaman air (mm), yang dianggap terdistribusi merata di daerah tanggakapan air. Intensitas hujan adalah jumlah curah hujan dinyatakan dalam mm/jam, mm/hari, mm/bulan, dan sebagainya. Pada Tabel II.1 dimana keadaan hujan dan intensitas hujan (Sosrodarsono, 1985 dalam Triatmodjo, 2008). Tabel tersebut menunjukan bahwa curah hujan tidak bertambah sebanding dengan waktu. Tabel II.1. Keadaaan Hujan dan Intensitas Hujan Keadaan Hujan Intensitas Hujan (mm) 1 jam 24 jam Hujan sangat ringan <1 <5 Hujan ringan 1-5 5-20 Hujan normal 5-10 20-50 Hujan lebat 10-20 50-100 Hujan sangat lebat >20 >100
Image of page 9
10 Universitas Sriwijaya Durasi hujan adalah waktu yang terhidung dari saat hujan dimulai hingga hujan tersebut berhenti yang biasanya dinyatakan dalam satuan waktu jam. Intensitas hujan rerata adalah antara kedalaman dari air hujan dan durasi hujan tersebut. 2.4.3 Analisis Curah Hujan Terdapat tiga cara umum yang digunakan dalam menghitung hujan rata-ata di suatau kawasan yaitu, metode rata-rata aljabar, metode poligon thissen dan metode isohyet (Suripin, 2004). 1) Metode Rata-rata Aljabar Metode ini dilakukan dengan cara menjumlahkan seluruh data curah hujan yang tercatat dari semua stasiun pengukuran kemudian dibagi dengan banyaknya jumlah stasiun. Metode ini dapat dilakukan di daerah yang datar dan memiliki banyak stasiun pengukuran yang tersebar secara merata. Secara sistematis rumus yang digunakan untuk menghitung curah hujan dengan metode rata-rata aljabar adalah sebagai berikut: ? = 1 ?
Image of page 10
Image of page 11

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 78 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes