bab 6 NERACA LAJUR KELOMPOK 6.docx

Banyak rekening rekenig didalam neraca saldo yang

This preview shows page 9 - 11 out of 14 pages.

dalam kolom neraca saldo dipindahkan kedalam kolom neraca saldo setelah disesuaikan. Banyak rekening-rekenig didalam neraca saldo yang tidak terpengaruh oleh penyesuaian yang dilakukan pada akhir periode saldo-saldo rekening semacam ini dimasukkan kedalam neraca saldo setelah disesuaikan, maka kedua kolom ini dijumlahkan dan jumlah kedua kolom tersebut harus sama. 4. Memindahkan jumlah-jumlah di dalam kolom-kolom neraca saldo setelah disesuaikan kedalam kolom-kolom dan laba atau kolom-kolom neraca. Langkah berikutnya dalam pembuatan neraca lajur adalah memindahkan saldo-saldo rekening aktiva, hutang, modal dan prive ke dalam kolom neraca dan memindahkan saldo-saldo rekening biaya dan penghasilan ke dalam kolom rugi laba didalam neraca lajur. Proses pemindahan ini dilakukan mulai dari rekening yang dicantumkan paling atas didalam neraca lajur, biasanya rekening yang tercantum paling atas adalah rekening kas. Saldo rekening kas dipindahkan ke dalam sisi debet dari kolom neraca. Setelah itu rekening-rekening berikutnya baris demi baris dipindahkan ke dalam sisi yang tepat dan kolom yang tepat sesuai dengan jumlah jenis rekeningnya. Pemindahan baris demi baris seperti diuraikan di atas akan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pemindahan ke dalam kolom dan sisi yang tepat. Proses pemindahan saldo-saldo rekenig ini, sebenarnya merupakan suatu proses pemilihan atas rekening-rekening, untuk menentukan rekening-rekening mana yang dicantumkan dalam neraca dan rekening- rekening mana yang dicantumkan dalam laporan rugi laba dan pada sisi mana rekening- rekeningdicantumkan. 5. Menjumlahkan kolom-kolom rugi laba dan kolom-kolom neraca. Memasukkan angka "laba bersih" sebagai angka pengimbang ke dalam kedua pasang kolom di atas dan sekali lagi menjumlahkan kolom-kolom tersebut Laba bersih atau rugi untuk suatu periode ditentukan dengan cara menghitung selisih antara jumlah sisi kiri (Debet) dan jumlah sisi kanan(kredit) dari kolom-kolom rugi laba. Dari contoh neraca lajur yang dibuat tadi dapat dilihat bahwa jumlah sisi kredit lebih bersih dripada jumlah sisi debet. Selisih antara jumlah sisi kredit dengan jumlah sisi debet menunjukkan laba bersih. Apabila jumlah sisi debet kolom neraca tidak sama dengan 6
Image of page 9

Subscribe to view the full document.

jumlah sisa kreditnya, maka hal ini berarti bahwa pembuatan neraca lajur tersebut telah terjadi kesalahan. Seandainya jumlah sisi debet kolom rugi laba lebih besar daripada jumlah sisi kreditnya, maka selisih kedua sisi tersebut menunjukkan rugi bersih. Jumlah rugi bersih tersebut dimasukkan ke dalam sisi kredit kolom rugi laba sebagai pengimbang dan pada baris yang sama juga dimasukkan pada sisi debet kolom, neraca sehingga jumlah kedua sisi dari kolom rugi laba dan kolom neraca akan seimbang. 2.4 LAPORAN KEUANGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN Dengan diselesaikannya Neraca Lajur, Maka penyusunan laporan laporan keuangan akan menjadi lebih mudah karena semua informasi yang diperlukan untuk menyusun neraca dan laporan laba rugi sudah tersedia sebelumnya, tahap tahapan menyusun laporan keuangan setelah membuat neraca Lajur : A. Perhitungan Laba Rugi
Image of page 10
Image of page 11
  • Summer '16
  • mankiw

{[ snackBarMessage ]}

Get FREE access by uploading your study materials

Upload your study materials now and get free access to over 25 million documents.

Upload now for FREE access Or pay now for instant access
Christopher Reinemann
"Before using Course Hero my grade was at 78%. By the end of the semester my grade was at 90%. I could not have done it without all the class material I found."
— Christopher R., University of Rhode Island '15, Course Hero Intern

Ask a question for free

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern