Risiko yang dihubungkan dengan hasil yang tidak tentu

  • No School
  • AA 1
  • 7

This preview shows page 3 - 5 out of 7 pages.

yang tidak tentu. Risiko yang dihubungkan dengan hasil yang tidak tentu bisa menjadi tidak diinginkan (atau diinginkan) oleh pembuat keputusan, terlepas dari nilai dari hasil itu sendiri. Penting untuk memisahkan nilai pada hasil dari berat positif atau negatif terkait risiko dari ketidakpastian. Ketidakmampuan untuk mengamati Usaha dan keputusan yang dibuat manajer tidak dapat diamati oleh manajemen puncak. Para manajer pada umumnya memiliki informasi yang tidak dapat diakses oleh manajer puncak. Tiga prinsip kontrak kerja: 1. Karena ketidakpastian dalam lingkungan manajer, kontrak seharusnya mengakui bahwa faktor- faktor lain di dalam dan luar perusahaan juga mempengaruhi hasil usaha dan kemampuan manajer. 2. Kontrak seharusnya hanya mencakup faktor-faktor yang dikendalikan oleh manajer. 3. Karena ketidakpastian dan ketidakmampuan untuk mengamati, seorang manajer penghindar risiko tidak berada sejajar dengan mereka yang berada di posisi manajemen puncak. Desain Sistem Kendali Manajemen untuk Evaluasi dan Motivasi Pengendalian manjemen dimulai dengan identifikasi secara jelas siapa, apa, dan kapan, berkaitan dengan evaluasi yang dilakukan. 1. Siapa yang tertarik dalam mengevaluasi kinerja organisasi? Terdapat empat penerima laporan kinerja: (1) pemilik, direktur, atau pemegang saham perusahaan; (2) kreditor; (3) unit-unit komunitas atau pemerintah yang dipengaruhi oleh operasi perusahaan; dan (4) karyawan perusahaan. Masing-masing mempunyai pandangan yang berbeda tentang kinerja yang diinginkan. 2. Apa yang sedang dievaluasi? Pada umumnya, yang dievaluasi adalah manajer perorangan untuk menilai efektivitas dan efisiensi kinerja manajer. 3. Kapan evaluasi kinerja dilakukan? Terdapat dua pertimbangan yaitu: Evaluasi didasarkan pada input sumber daya maupun pada output dari usaha-usaha manajer, bisa dengan anggaran induk maupun anggaran fleksibel. Evaluasi didasar pilihan waktu yang lain yaitu siklus hidup produk. Sistem Kendali Informal Sistem informal digunakan dalam perusahaan pada tingkat individu maupun tingkat tim. Pada tingkat individu, kinerja karyawan dipengaruhi oleh dorongan pribadi dan aspirasi dari masing- masing individu yang dibawa ke tempat kerja; hal ini terpisah dari adanya insentif dan pedoman yang diberikan oleh manajemen. Motivator individu seperti itu memperjelas adanya perbedaan kinerja antarkaryawan. Sistem Kendali Formal Tiga sistem pengendalian manajemen formal yang penting pada tingkat karyawan perseorangan adalah (1) praktik-praktik mempekerjakan karyawan, (2) kebijakan-kebijakan promosi, dan (3) sistem pengukuran kinerja strategis. Pengukuran Kinerja Strategis Pengukuran kinerja strategis adalah sistem akuntansi yang digunakan oleh manajemen puncak untuk mengevaluasi manajer SBU. Pengukuran ini digunakan pada saat tanggung jawab dapat didelegasikan secara efektif kepada manajer SBU dan terdapat ukuran yang cukup untuk mengevaluasi kinerja manajer tersebut. Sebelum mendesain sistem pengukuran kinerja strategis, para
Image of page 3
manajer puncak menentukan kapan pendelegasian tanggung jawab (yang disebut sebagai
Image of page 4
Image of page 5

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 7 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors