Ibu tersebut merasa terluka hatinya sebelum pemilihan presiden dimulai hingga

Ibu tersebut merasa terluka hatinya sebelum pemilihan

This preview shows page 20 - 22 out of 28 pages.

massa, yakni Ibu Nursyamsiah. Ibu tersebut merasa terluka hatinya, sebelum pemilihan presiden dimulai hingga pada masa penghitungan suara, warga Jakarta Selatan ini mendengar teman dan keluarganya menyebut mereka yang memilih calon presiden tertentu tidak layak hidup. "Jelas saya sangat terluka. Setiap orang lahir berbeda. Kalau Allah membiarkan orang-orang yang berbeda dengan kita hidup, berarti Allah mengizinkan mereka hidup. Lalu kenapa kita yang sama-sama ciptaanNya, berhak menyatakan dia nggak layak hidup? Siapa Anda untuk menghakimi?" Ibu dua anak itu menyalahkan elite politik yang, menurutnya, menggunakan politik identitas sejak pilpres 2014 dan Pilkada DKI Jakarta pada 2017. Akibatnya, dia menilai situasi sosial pada pilpres 2019 bertambah parah. 20 "Sampai ada teman saya sendiri diturunkan di jalan oleh pengemudi taksi online karena teman saya berbeda pilihan capres, muslim, dan tidak berhijab!" Walau keluarga dan temannya tidak ada yang bersikap seperti si pengemudi taksi online, kecaman dan sebutan 'kafir' terhadap orang dengan pilihan capres berbeda dilakukan handai taulan serta koleganya. "Saya masih bertegur sapa dan bercium pipi dengan keluarga dan teman saya yang seperti itu, tapi sebetulnya hati kami tidak bertegur sapa. Kemungkinan kami tidak lagi mesra sebagai saudara, mesra sebagai sahabat, dan mesra sebagai tetangga, itu kayaknya sudah sulit sekali. 20 Arya Fernandes, “Politik Identitas Dalam Pemilu 2019,” CSIS ELECTION 1 (2018): 3. 15
Image of page 20
Sudah mulai ada yang mengatakan, 'kamu kafir'. "Politik identitas ini benar-benar memecah belah kita," paparnya kepada wartawan. Berdasarkan hasil survei Polmark, sebanyak 5,7% responden merasa bahwa Pilkada DKI Jakarta 2018 telah merusak hubungan pertemanan. Angka ini naik dari survei serupa pada Pipres 2014. Saat itu, sebanyak 4,3% pemilih menganggap pilpres memicu keretakan hubungan pertemanan di masyarakat. Untuk pilpres tahun ini, Eko Bambang Subiantoro selaku direktur riset Polmark mengatakan pihaknya tidak mempunyai data soal keretakan sosial. Berbagai macam sifat dan perilaku masyarakat mulai terpengaruh dengan adanya politik identitas yakni sebagai berikut : 1. Saling Mengumpat Di Surabaya, Jawa Timur, Zabidi mengalami ketidaknyamanan gara-gara polarisasi dukungan terhadap dua pasangan capres-cawapres di lingkungan keluarga besar, tempat kerja, dan grup pertemanan media sosial. "Di kalangan keluarga besar saya di Madura, sampai ilok-ilokan (saling mengumpat)". Bahkan, ungkapnya, sempat terjadi sedikit kerenggangan dalam hubungan persaudaraan lantaran Zabidi merupakan pendukung salah pasangan capres-cawapres petahana. Adapun mayoritas keluarga dan teman-temannya di Pulau Madura adalah pendukung pasangan capres-cawapres oposisi. Ketidaknyamanan hubungan sosial karena beda pilihan politik, juga menjadi kegelisahan Asro, asal Padang Panjang, Sumatera Barat. Meski dirinya adalah pendukung pasangan oposisi seperti halnya mayoritas warga Sumatera Barat, Asro menilai pola pikir penyokong kedua kubu capres semakin tidak rasional. Pernah suatu ketika, tatkala Asro memposting unggahan di media sosial
Image of page 21
Image of page 22

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 28 pages?

  • Spring '15
  • andiansah

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes