kalau data yang baru terkumpul sedikit atau belum cukup ilmuwan membina

Kalau data yang baru terkumpul sedikit atau belum

This preview shows page 9 - 12 out of 16 pages.

kalau data yang baru terkumpul sedikit atau belum cukup, ilmuwan membina hipotesis. Hipotesis ialah dugaan pikiran berdasarkan sejumlah data. Hipotesis memberi arah pada penelitian dalam menghimpun data. Data yang cukup sebagai 8 Ibid. 9
Image of page 9
hasil penelitian dihadapkan pada hipotesis. Apabila data itu mensahihkan (valid)/menerima hipotesis, hipotesis menjadi tesis atau hipotesis menjadi teori. Jika teori mencapai generalisasi yang umum, menjadi dalil ia dan bila teori memastikan hubungan sebab-akibat yang serba tetap, ia akan menjadi hukum. Berikut ini macam-macam jenis ilmu. 1. Ilmu praktis, ia tidak hanya sampai kepada hukum umum atau abstraksi, tidak hanya terhenti pada suatu teori, tetapi juga menuju kepada dunia kenyataan. Ia mempelajari hubungan sebab-akibat untuk diterapkan dalam alam kenyataan. 2. Ilmu praktis normatif, ia memberi ukuran-ukuran (kriterium) dan normanorma. 3. Ilmu praktis positif, ia memberikan ukuran atau norma yang lebih khusus daripada ilmu praktis normatif. Norma yang dikaji ialah bagaimana membuat sesuatu atau tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai hasil tertentu. 4. Ilmu spekulatif ideografis, yang tujuannya mengkaji kebenaran objek dalam wujud nyata dalam ruang dan waktu tertentu. 5. Ilmu spekulatif nomotetis, bertujuan mendapatkan hukum umum atau generalisasi substantif. 6. Ilmu spekulatif teoretis, bertujuan memahami kausalitas. Tujuannya memperoleh kebenaran dari keadaan atau peristiwa tertentu 9 . D. Agama Agama menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebaktian kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut. Secara bahasa, kata agama adalah berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari kata “a” yang berarti tidak dan “gama” yang berarti kacau . Artinya, orang yang memeluk suatu agama diharapkan tidak kacau, tidak membuat kacau atau tidak berbuat kacau karena secara filosofi agama sangat erat hubungannya dengan moral. Abdulkadir Muhammad dalam Soekrisno Agoes memberikan dua rumusan 9 Suaedi, Pengantar Filsafat Ilmu , 20–21. 10
Image of page 10
agama yaitu: Menyangkut hubungan antara manusia dengan suatu kekuasaan luar yang lain dan lebih daripada apa yang dialami oleh manusia, Apa yang disyariatkan Allah dengan perantara para nabi-Nya, berupa perintah dan larangan serta petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat 10 . Kata lain untuk untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakarp pada kata kerja religale yang berarti”mengikat kambali”. Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan. 1. Dalam bahasa Eropa a. Agama adalah sesuatu yang tidak dapat dapat dicapai hanya dengan tenaga akal dan pendidikan saja (Mc. Muller dan Herbert Specer); b. Agama adalah kepercayaan kepada adanya kekuasaan pengatur yang besifat luar biasa, pencipta dan pengendai dunia, serta pemberi kodrat rohani kepada manusia yang berkelanjutan sampai sesudah manusia mati (A.S. Hornby, E.V Gatenby, dan Wakefield); c. Dalam bahasa Indonesia:
Image of page 11
Image of page 12

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 16 pages?

  • Spring '15
  • andiansah

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes