2 Tujuan Khusus a Melatih mahasiswa dalam mengembangkan serta meningkatkan mutu

2 tujuan khusus a melatih mahasiswa dalam

This preview shows page 10 - 13 out of 59 pages.

2. Tujuan Khusus a. Melatih mahasiswa dalam mengembangkan serta meningkatkan mutu produk tahu yang dihasilkan. b. Melatih mahasiswa dalam diversifikasi dari produk tahu yang dihasilkan.
Image of page 10
BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kedelai Bahan baku utama dalam pembuatan tahu adalah kacang kedelai ( Glycine max sin Glycine soya ), terutama kedelai kuning. Persyaratan bahan baku tahu lebih ketat daripada bahan baku tempe atau kecap. Pasalnya tahu diproduksi melalui proses ekstraksi (penyaringan) protein kedelai dengan penambahan air. Jadi jumlah dan mutu protein kedelai amat penting dipertimbangkan saat memilih bahan baku. (Sarwono dan Saragih, 2004) Varietas kedelai sangat berpengaruh pada tinggi rendahnya rendemen maupun rasa tahu. selain itu, kedelai yang dijadikan bahan baku tahu sebaiknya memenuhi persyaratan sebagai berikut : 1. Kedelai yang menjadi bahan baku tahu sebaiknya belum lama (baru) dipanen dan cukup umur. Kedelai yang terlalu lama disimpan atau panen muda mempunyai rendemen yang rendah. Selain itu, tahu yang berbahan baku kedelai muda akan lembek dan tidak tahan lama disimpan. 2. Kadar air kedelai maksimal 13%. Bila kadar airnya mencapai 15%, jamur mudah sekali tumbuh selama penyimpanan. Namun perlu dijaga pula agar kadar airnya tidak terlalu rendah. Kedelai yang berkadar air 9% atau kurang akan mudah pecah dan rendemen tahu akan menurun. 3. Biji kedelai harus utuh karena enzim-enzim lipoksidase akan aktif bila kedelai pecah sehingga menyebabkan minyaknya tengik dan bau tahu kurang enak. 4. Kedelai harus bebas dari segala macam kotoran, seperti kerikil, pasir atau sisa-sisa tanaman. Untuk mempertahankan mutunya, tempat penyimpanan kedelai harus mendukung. Jamur, insekta, dan jasad renik lainnya akan tumbuh bila tempat penyimpanan kedelai lembab. Adanya organisme tersebut dapat menyebabkan protein kedelai rusak dan jumlah protein menurun sehingga jumlah tahu yang diperoleh pun sedikit.
Image of page 11
B. Tahu Tahu sebagai salah satu makanan hasil olahan kedelai merupakan makanan yang sudah banyak dikenal dan digemari seluruh lapisan masyarakat. Sebagai sumber protein nabati yang relatif murah, tahu ternyata dapat dibuat dengan mudah. Pembuatannya pun tidak memerlukan keahlian dari seorang dengan latar belakang ilmu pengetahuan tertentu. Tidak hanya itu, investasi industri ini juga relatif tidak terlalu tinggi. ( Dadang, 2005 ) 1. Sejarah Industri Tahu Tahu tergolong makanan kuno. Tahu pertama kali dibuat di Cina sekitar tahun 200 SM. Meskipun tidak diketahui dengan pasti, tetapi legenda di Cina mengatakan bahwa penemuan proses pembuatan tahu pertama kali terjadi dengan tidak sengaja. Pada saat itu seorang juru masak Cina tidak sengaja menambahkan nigari atau larutan garam air laut ke dalam sari kedelai sehingga sari kedelai tersebut kemudian menggumpal menjadi padat. Padatan tersebut yang kini disebut tahu. Sementara menurut pustaka kuno dari Jepang dan Cina, pembuatan tahu pertama kali diperkenalkan oleh Liu-An pada tahun 164 SM pada zaman pemerintahan Dinasti Han. Tokoh serba bisa ini (filsuf, guru, ahli hukum
Image of page 12
Image of page 13

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 59 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors