Pada tahun tahun sejak memorandum banyak madrasah

  • No School
  • AA 1
  • 26

This preview shows page 7 - 9 out of 26 pages.

Pada tahun-tahun sejak memorandum, banyak madrasah yang lebih baik, dan hampir semua madrasah yang bertempat di pesantren, telah memilih opsi yang terakhir ini. Akibatnya, siswa mereka menghabiskan waktu lebih lama dari rata-rata siswa di sekolah negeri, sehingga mencurahkan sebanyak 50 persen dari hari sekolah mereka untuk belajar agama bahkan sambil memenuhi persyaratan pendidikan umum negara. Pelaksanaan rekomendasi memorandum 1975 memiliki tiga efek kuat pada pendidikan Islam secara keseluruhan. Pertama, ini memperkuat tren pesantren besar yang sudah ada membuka madrasah untuk pendidikan umum di halaman sekolah mereka.26 Kedua, kebijakan baru ini juga mendorong madrasah untuk menyelaraskan kurikulum mereka dengan kurikulum sekolah negeri, sehingga dapat meningkatkan peluang siswa madrasah mungkin berhasil dalam ujian masuk perguruan tinggi yang sangat penting. Ketiga, kebijakan tersebut mendorong sekolah asrama Islam paling bergengsi, seperti Darul Ulum dan Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, untuk menambah sekolah menengah atas dan fakultas di kompleks pendidikan mereka, sehingga dapat memberikan siswa dengan pelatihan yang akan memberikan mereka dengan peluang kerja yang lebih besar.27 Tren terakhir ini dipercepat pada periode akhir Soeharto, dengan banyak pesantren besar mendirikan perguruan tinggi dan menawarkan gelar dalam bidang-bidang seperti bisnis, hukum (Islam dan konvensional), psikologi, dan pendidikan. Dalam wawancara yang dilakukan pada tahun 2005 dan 2006, direktur sekolah Muslim mengenang bahwa mereka menyambut perjanjian tahun 1975 karena berbicara dengan salah satu ambisi mereka yang paling dihargai: bahwa lulusan sekolah Islam harus memiliki hak yang sama atas akses ke perguruan tinggi dan universitas negeri. Namun, para pendidik mengakui bahwa reformasi telah mengubah misi sekolah mereka. Bagi mereka yang menganut reformasi, misi itu tidak lagi untuk melatih para sarjana untuk kehidupan belajar dalam ilmu-ilmu Islam yang maju, tetapi untuk menanamkan kesalehan pada siswa menuju ke pasar tenaga kerja umum. Sebagian besar guru mengakui manfaat keseluruhan dari perubahan misi. Seperti yang dikatakan oleh seorang guru di Jombang pada bulan Desember 2006: “Kebijakan baru itu baik, karena memberi orang Muslim akses ke pekerjaan baru, dan itu membawa Muslim yang saleh ke dalam bisnis dan profesi di mana mereka sudah lama tidak ada. Islam tidak seharusnya hanya menjadi sesuatu bagi para ahli dan cendekiawan. ” KEHIDUPAN salaF Tidak semua pesantren Islam mengikuti reformasi yang direkomendasikan memorandum 1975. Beberapa sekolah, seperti pesantren modernis terkenal di Gontor, bersikeras mempertahankan kurikulum mereka sendiri, yang dalam kasus Gontor menggabungkan
Image of page 7
studi teks-teks agama klasik dan modern dengan pendidikan umum dan studi intensif bahasa Arab dan Inggris. Namun, parasekolah pejabatdi Gontor dan sekolah-sekolah yang berpikiran sama sangat menyadari minat lulusan mereka dalam akses ke pendidikan tinggi. Di belakang layar dan dengan gaya
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 26 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors