Hanya air yang telah memliki baku mutu tertentu yang

This preview shows page 15 - 18 out of 62 pages.

instalasi pengolah air limbah (IPAL), khususnya untuk sistem tercampur. Hanya air yang telah memliki baku mutu tertentu yang dimasukkan ke dalam badan air penerima, biasanya sungai, sehingga tidak merusak lingkungan (Suripin, 2004). 2.2.2Konsep Sistem Jaringan Drainase yang BerkelanjutanBerdasarkan pengertian drainase tersebut, maka sistem jaringan drainase dirancang untuk mencegah terjadinya genangan air di suatu wilayah. Tetapi dalam kenyataannya air merupakan sumber kehidupan. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka konsep dari sistem jaringan drainase yang berkelanjutan adalah meningkatkan daya guna air, meminimalkan kerugian, serta memperbaiki lingkungan. Sehingga diperlukan usaha-usaha, baik yang bersfat struktural maupun non struktural untuk mencapai tujuan tersebut (Suripin, 2004).
perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user 7 2.2.3Kerusakan Sistem Drainase Sistem drainase mengalami kerusakan dikarenakan berbagai macam faktor seiring dengan berjalannya waktu. Rehabilitasi saluran drainase perlu dilakukan untuk mengembalikan fungsi drainase kembali seperti semula. Dalam rehabilitasi ini diperlukan suatu prioritas karena keterbatasan alokasi dana dari pihak pemerintah daerah. Kriteria yang menjadi dasar untuk dijadikan prioritas meliputi partisipasi masyarakat, kerusakan saluran, luas area layanan, dan estimasi dana rehabilitasi. 2.2.3.1Partisipasi Masyarakat Partisipasi masyarakat memegang peranan penting dalam kinerja suatu sistem drainase. Masyarakat disini meliputi warga yang berada di pedesaan, perkotaan, hulu mupun hilir sungai, kaya maupun miskin, akademis maupun non akademis, bahkan semua insan yang berhubungan dengan air (Sobriyah dan Wignyosukarto, 2001). Partisipasi masyarakat dalam setiap tahap pembangunan (sistem jaringan drainase) menurut Pranoto SA dalam Yusuf 2006. Dapat diuraikan sebagai berikut: 1.Survey dan Investigasi : memberi informasi lokasi dan kondisi setempat. 2.Perencanaan : persetujuan, kesepakatan, penggunaan 3.Pembebasan tanah : member kemudahan, memperlancar proses 4.Pembangunan : membantu pengawasan dan terlibat dalam pelaksanaan 5.Operasi dan pemeliharaan : terlibat dalam pelaksanaan, ikut memelihara, dan melaporkan jika ada kerusakan 6.Monitoring dan evaluasi : memberikan data yang nyata di lapangan tentang dampak yang terjadi setelah pembangunan. Dari pengertian dan kriteria tentang partisipasi masyarakat tersebut maka dalam penelitian ini partisipasi masyarakat difokuskan pada : 1.Persentase pemahaman masyarakat tentang sistem jaringan drainase yang ada di lingkungannya
perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user 8 2.Persentase kepedulian masyarakat untuk bersama-sama pemerintah merehabilitasi kerusakan saluran. 2.2.3.2Kerusakan Saluran Kerusakan saluran merupakan kondisi fisik dari saluran itu sendiri. Pengamatan dilakukan ke semua bagian dari saluran tersebut. Kerusakan ini meliputi endapan atau sedimen dan runtuhnya dinding saluran.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture