Tabel 31 gambar tapak masjid sungkoni plosokuning

This preview shows page 21 - 24 out of 54 pages.

Tabel 3.1. Gambar tapak masjid Sungkoni Plosokuning Gambar 3.1. Tapak masjid Sulthoni Plosokuning Masjid sendiri terlihat sebagai massa utama yang hingga sekarang terus mewadahi aktivitas keagamaan maupun sosial masyarakat desa Minomartani. Kedua entrance pada komplek Masjid Sulthoni Plosokuning mewadahi orang yang masuk dari perumahan
Image of page 21

Subscribe to view the full document.

17 penduduk dan orang yang masuk dari jalan besar. Dilihat dari waktu dibangun, bentuk hirarki dari kedua gerbang, orientasi bangunan masjid dan dimensi gerbang, gerbang utama adalah gerbang yang mengarah langsung pada pemukiman penduduk. Bentuk dan massa Bentuk bangunan Masjid Sulthoni Plosokuning merupakan masjid dengan gaya arsitektur Jawa yang terlihat dari bentuk pendopo, soko guru dan kolam di sekitar bangunan. Bentuk bangunan ini merupakan bentuk masjid yang menjadi pakem di seluruh daerah Jawa khususnya di Yogyakarta. Pada masa lampau, semua masjid Pathok Negara memiliki desain yang sama semenjak awal dibangun masjid Sulthoni Plosokuning yang masih menjaga keaslian desain. Pengaruh dari gaya arsitektur Hindu yang memang sudah ada di jawa sebelum Islam masuk terlihat dari atap yang bersusun dua (tumpang) , gerbang yang merupakan simbol paduraksa pada budaya Hindu, serta ornamen mahkota pada puncak atap. Adanya area makam juga turut mengentalkan pengaruh Hindu pada kompleks masjid ini. Zoning dan pola tata ruang Masjid ini memiliki fungsi sebagai tempat beribadah umat Islam, pada dasarnya zoning keseluruhan bangunan termasuk fungsi publik dimana pengguna yang biasanya merupakan penduduk sekitar dapat masuk dan melakukan kegiatan ibadah. Masjid tidak hanya mewadahi kegiatan ibadah saja, kegiatan berkumpul, belajar dan bermusyawarah juga dapat diwadahi oleh masjid. Pada waktu-waktu tertentu, masjid juga dapat mewadahi kegiatan besar seperti acara selamatan dan pemotongan hewan kurban. Masjid ini memiliki zoning khusus yang membedakan antara fungsi ruang yang mewadahi kegiatan yang dilakukan di dalamnya, dimana kegiatan ibadah menuntut ruang yang tenang untuk dapat berjalan dengan baik. Bangunan masjid ini memiliki denah berbentuk persegi panjang yang terbagi atas 3 (tiga) zona, zona serambi memiliki fungsi ruang berkumpul, belajar dan musyawarah, zona pawestren berada di kanan dan kiri masjid (tempat sholat jemaah perempuan). Masjid Sulthoni Plosokuning memiliki ruang inti yang dipergunakan sebagai ruang sholat jemaah laki-laki (liwan). Di dalam ruang ini terdapat 12 kolom kayu kecil di sekeliling ruang yang disebut soko penanggap , serta empat kolom kayu besar di tengah ruangan yang menyangga struktur atap tumpang. Kolom utama penyangga atap tumpang ini disebut soko guru .
Image of page 22
18 Tabel 3.2. Gambar zoning bangunan masjid Gambar 3.2. Zoning masjid Sulthoni Plosokuning Atap, dinding dan kolom Atap masjid ini bersusun dua yang mencirikan pengaruh dari gaya arsitektur Hindu, dimana bagian ujung atapnya memiliki ukiran sulur tanaman sementara di puncak atapnya terdapat mahkota yang merupakan elemen dari arsitektur masjid, penggunaan mustoko
Image of page 23

Subscribe to view the full document.

Image of page 24
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes