K3 yang terdokumentasi pada setiap fungsi dan tingkat yang relevan di dalam

K3 yang terdokumentasi pada setiap fungsi dan tingkat

This preview shows page 8 - 10 out of 10 pages.

K3 yang terdokumentasi pada setiap fungsi dan tingkat yang relevan di dalam organisasi. Tujuan-tujuan itu harus dapat diukur , bila memungkinkan dan konsisten dengan kebijakan K3. Terkait penerapan dan operasi akan berhubungan dengan sumberDaya, peran, tanggung jawab, akuntabilitas dan wewenang. Dimana manjemen puncak harus menjadi penanggung jawab tertingi untuk sistem manajemen K3 dan organisasi harus menunjuk seorang anggota manajemen puncak dengan tanggung jawab khusus K3, di luar tanggung jawabnya dan menentukan peran-peran dan
Image of page 8
1 0 wewenang sesuai dengan ketetapan Standar OHSAS. Suatu organisasi harus meningkatkan kompetensi, pelatihan dan kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan kerja K3. Selain itu penerapan dan operasi juga berkaitan dengan komunikasi, partisipasi, konsultasi, dokumentasi, pengendalian dokumen, pengendalian operasional, kesiapsiagaan dan tanggap darurat yang semuanya sudah ditetapkan dalam Standar OHSAS 18001. Selanjutnya untuk pemeriksaan suatu organisasi harus melakukan pemantauan dan pengukuran kerja sesuai prosedur yang ditetapkan Standar OHSAS, evaluasi kesesuaian, penyelidikan terkait insiden yang terjadi, ketidaksesuaian, hingga melakukan tindakan perbaikan dan tindakan pencegahan. Dimana setiap tindakan perbaikan dan pencegahan yang diambil untuk menghilangkna akar penyebab ketidaksesuaian yang aktual dan potensial harus sesuai dengan besarnya masalah dan seimbang dengan risiko-risiko K3 yang dihadapi. Terdapat juga audit internal yang harus direncanakan, dibuat, diterapkan dan dipelihara oleh organisasi sesuai dengan hasil penilaian risiko dari aktivitas- aktivitas organisasi dan hasil audit untuk menentukan apakah sistem manajemen K3 sesuai dengan pengaturan yang direncanakan untuk manajemen K3. Terakhir untuk sub bagian tinjauan manajemen, seorang manajemen puncak harus meninjau sistem manajemen K3 organisasinya secara terencana untuk menjamin kesesuaian, kecukupan dan kefektifannya secara berkelanjutan. Proses tinjauan manajemen harus termasuk penilaian kemungkinan-kemungkinan peningkatan dan kebutuhan perubahan sistem manajemen K3, termasuk kebijakan K3 dan tujuan-tujuan K3. Hasil dari tinjauan manajemen harus konsisten dengan komitmen organisasi untuk peningkatan berkelanjutan dan termasuk setiap keputusan dan tindakan yang terkait dengan kemungkinan perubahan kinerja K3, kebijakan dan tujuan-tujuan K3, sumberdaya, dan elemen-elemen lain sistem manajemen K3.
Image of page 9
1 0 DAFTAR PUSTAKA Anonim. ___, Standar OHSAS 18001, [pdf], (mhconsulting-indonesia.com, diakses tanggal 26 Februari 2016) Anonim. ___, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja, [pdf], (, diakses tanggal 26 Februari 2016) Anonim. ___, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1969 Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Mengenai Tenaga Kerja, [pdf], (, diakses tanggal 27 Februari 2016)
Image of page 10

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 10 pages?

  • Winter '14
  • ir. sugiatmo kasmungin

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture