Mereka bergaul dengan masyarakat asli Banyuwangi yang hanya bisa berbahasa

Mereka bergaul dengan masyarakat asli banyuwangi yang

This preview shows page 57 - 59 out of 185 pages.

negara jajahannya yang bekerja sebagai pegawai perkebunan. Mereka bergaul dengan masyarakat asli Banyuwangi yang hanya bisa berbahasa daerah Banyuwangi. Akibatnya, muncul bahasa baru yang disebut bahasa Osing. Bahasa ini adalah pidginisasi dari bahasa Jawa, bahasa Banyuwangi, bahasa Belanda, dan bahasa asingm lainnya. Bahasa pidgin juga bisa terbentuk karena adanya penjajahan. Misalnya pada bahasa pidgin Karibia. Pulau-pulau tropis di Karibia dijajah, masyarakatnya direstrukturisasi, yaitu minoritas beberapa bangsa Eropa sebagai penguasa dan sejumlah besar orang-orang non-Eropa sebagai buruh. Para buruh itu, baik penduduk asli ataupun budak, biasanya datang dari kelompok yang berbahasa berbeda dan perlu berkomunikasi sehingga muncullah bahasa pidgin. Karena bahasa pidgin terbentuk sebagai bahasa campuran dan hanya digunakan sebagai alat komunikasi di antara mereka yang berbahasa ibu berbeda itu, bahasa pidgin tidak memiliki standardisasi, otonomi, historisitas, dan vitalitas. Lain halnya dengan bahasa creole . Creole adalah bahasa pidgin yang struktur dan kosa katanya telah diperluas serta telah memiliki fungsi-fungsi yang diperlukan untuk menjadi bahasa umum. Bahasa pidgin yang sudah cukup lama digunakan biasanya menjadi lebih kaya kosa kata dan strukturnya menjadi lebih kompleks. Bahasa pidgin yang demikian kemudian menjadi bahasa creole. Bahasa creole mengembangkan cara-cara untuk menandakan makna seperti bentuk waktu
Image of page 57
` Keterampilan Berbahasa Indonesia, Modul 2 | Uraian Materi Pembelajaran 52 Modul 2 pada kata kerja, infleksi maupun afiks. Bahasa creole juga sudah mempunyai penutur asli. Creole berkembang ketika bahasa pidgin menjadi bahasa asli bagi masyarakat dan anak-anak mulai belajar sebagai bahasa pertama mereka. Meskipun sebagian besar berasal dari kosa kata bahasa lain, bahasa creole telah mengembangkan set yang unik aturan tata bahasa. Contoh bahasa creole, misalnya bahasa-bahasa yang berasal dari bahasa Eropa. Orang-orang Amerika pada mulanya adalah para pendatang dari berbagai negara, antara lain, Inggris, Prancis, Portugis, Spanyol, dan Belanda. Pada saat itu bahasa Inggris dan Prancis menjadi pidgin bagi pendatang baru di Amerika. Lama kelamaan bahasa Inggris dan Prancis menjadi creole yang paling umum di negara baru, Amerika tersebut. Bahasa creole yang telah bekembang dan berfungsi secara politis, pendidikan, kesusastraan, administrasi, dan lain-lain maka bahasa creole itu bisa menjadi bahasa standar, bahasa nasional, maupun bahasa resmi, misalnya Tok Pisin yang menjadi bahasa resmi di Papua New Guinea. Dalam masyarakat dengan pembagian sosial yang masih kaku, bahasa creole bisa tetap menduduki fungsi sebagai bahasa pengantar, di samping bahasa resmi yang telah disepakati. Jika bahasa creole digunakan bersama bahasa standar dalam suatu masyarakat, dan perbedaan di antara kedua bahasa iutu tidak menimbulkan rintangan sosial ( social barrier ), maka bentuk-bentuk bahasa creole cenderung berubah berdasarkan bahasa standar itu. Proses ini disebut decreolisasi .
Image of page 58
Image of page 59

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors