Secara diagramatis tahapan pembentukan tim efektif dapat dilihat pada gambar di

Secara diagramatis tahapan pembentukan tim efektif

This preview shows page 24 - 28 out of 58 pages.

Secara diagramatis tahapan pembentukan tim efektif dapat dilihat pada gambar di bawah:
Image of page 24
19 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator Gambar 2: Tahapan Pembentukan Tim Dari gambar tersebut dapat kita lihat bahwa selama proses pembentukan tim tersebut terjadi perubahan dari kondisi ketidaksaling ketergantungan (independence) di antara pihak-pihak yang terlibat menjadi saling tergantung dan saling mempengaruhi (dependence/ interdependece) melalui proses tahapan forming, storming, norming dan performing. Pada akhirnya tim dapat dibubarkan dan kembali pada kondisi ketidaksaling ketergantungan (independence). C. Komposisi Tim yang Efektif Membangun tim kerja efektif dalam satu unit kerja membutuhkan kejelian pemimpin dalam memotret kompetensi anggota tim. Anggota mana yang tepat menjadi pemimpin tim, pemikir, motivator, penyelaras, dll. Untuk itu setiap tim kerja yang akan dibentuk sudah selayaknya mempunyai: 1. Seorang pemimpin (ketua), yaitu seorang pemikir yang disiplin yang bertugas mengorganisir dan mengkoordinir tim, memelihara keseimbangan usaha dan menjadi titik tumpu tim dalam menjaga posisi mereka.
Image of page 25
20 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2. Pembentuk, orang yang memiliki kemampuan untuk memberikan dinamika dan pengarahan kepada tim, menyediakan motivasi, kreatif. 3. Pemikir, yang dapat menyediakan gagasan bagi kemajuan tim. 4. Pengevaluasi, yang dapat mengevaluasi permasalahan yang ada dan hasil kerja tim. 5. Penyelidik sumberdaya, yang menyediakan informasi dan jejaring sosial dan relasi 6. Pekerja tim, yang secara efisien berhubungan langsung dengan pekerjaan, memecahkan konflik, memperlancar hubungan dan memotivasi rekan satu tim. 7. Penyelaras akhir, yang memandu dan memberi peringatan kepada tim jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan komitmen bersama. Ketujuh karakter tersebut sebaiknya dimiliki oleh suatu tim. Tidak mustahil karakter tersebut terdapat pada orang yang sama. Untuk itu diperlukan kejelian dari pimpinan untuk menentukan siapa yang masuk ke dalam tim dan menempatkan mereka pada posisi yang tepat. D. Peran Kepemimpinan Dalam Membangun Tim Proses pembentukan tim efektif sangat erat kaitannya dengan peran hubungan yang melekat pada pemimpin; yaitu peran pemimpin dalam pembentukan dan pembinaan tim-tim kerja; pengelolaan tata kepegawaian yang berguna untuk pencapaian tujuan organisasi; pembukaan, pembinaan dan pengendalian hubungan eksternal dan internal organisasi serta perwakilan bagi organisasinya. Keberhasilan tugas dalam tim akan tercapai jika setiap anggota tim bersedia untuk bekerja dan memberikan yang terbaik untuk kesuksesan tim sesuai tujuan pembentukan tim. Secara khusus, anggota tim yang ”ideal” harus:
Image of page 26
21 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator a. Mengerti tujuan pembentukan tim b. Memiliki rasa saling ketergantungan dan saling memiliki c. Menerapkan bakat dan pengetahuannya untuk sasaran tim d. Dapat bekerja secara terbuka, mandiri dan dalam tim kerja e. Dapat mengekspresikan gagasan, opini, dan
Image of page 27
Image of page 28

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 58 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors