Mengacu apa yang dikemukakan penilaian merupakan

This preview shows page 4 - 8 out of 30 pages.

peranan dalam menentukan tinggi rendahnya kualitas siswa.Mengacu apa yang dikemukakan penilaian merupakan serangkaian aktivitas untuk memperoleh informasi kualitatif dan kuantitatif baik ketika awal, sedang berlangsungnya proses, maupun di akhir pembelajaran yang bertujuan untuk mengevaluasi dan mendiagnosa kebutuhan yang harus diperbaiki sehingga guru dan siswa mampu meninjau, merencanakan, dan mengaplikasikan langkah-langkah yang harus ditempuh selanjutnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, 1
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

tujuan penilaian tidak hanya untuk pemberian skor dan pembuatan ranking, tetapi juga upaya untuk menyediakan feedback baik kepada siswa maupun guru untuk melakukan perbaikan belajar-mengajar sesegera mungkin untuk mencapai tujuan bersama. Dengan kata lain, penilaian selalu menjadi bagian integral dan tak terpisahkan dalam pembelajaran serta menjadi bagian krusial untuk membantu siswa dan guru dalam belajar-mengajar. Mengembangkan proses penilaian di kelas matematika berdampak pada motivasi dan pemahaman matematis siswa. Artinya bila guru dapat mengembangkan atau mengimplementasikan penilaian secara tepat maka akan berpengaruh pada pemahaman matematis siswa. 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus permasalahan dalam makalah ini adalah Bagaimana asessement komunikasi matematika siswa? 1.3 Tujuan Dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari makalah ini adalah Untuk mengetahui Asassement komunikasi matematika siswa. 2
Image of page 5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Komunikasi Komunikasi secara umum dapat diartikan sebagai suatu peristiwa saling menyampaikan pesan yang berlangsung dari satu pihak ke pihak yang lain. Menurut Soekartawi (1988: 1) mengatakan bahwa: “Komunikasi merupakan suatu pernyataan antarmanusia, baik secara perorangan maupun berkelompok, yang bersifat umum dengan menggunakan lambang-lambang yang berarti, maka tampak bahwa dengan perkembangan objek tertentu akan memerlukan komunikasi yang lebih spesifik”. Ada dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi lisan dan tulisan. Menurut Abdulhak (dalam Ansari, 2016:12) bahwa : “Komunikasi sebagai proses penyampaian pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan melalui saluran tertentu untuk tujuan tertentu”. Menurut Riyanto (2002:33) bahwa: Komunikasi adalah proses dua arah yang menghasilkan perolehan informasi dan pengertian. Proses dua arah ini merupakan dasar hakiki dari suatu komunikasi. Komunikasi yang efektif tidak mungkin terjadi tanpa adanya umpan balik. Oleh karena itu, dalam suatu komunikasi, hal yang sangat penting adalah kemampuan mendengar, yaitu mendengarkan dengan penuh simpati. Pesan/ Message Pengirim/ sender Penerima/ receiver Penerima/ receiver Pengirim/ sender Umpan Balik/ feedback Gambar 2.1 Bagan Komunikasi 3
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

Komunikasi yang efektif, setidak-tidaknya meliputi tiga hal berikut : (1) Pengirim pesan atau pembicara (2) Penerima atau pendengar (3) Pesan yang dimengerti atau diterima dengan tepat Pesan tidak dapat diterima dengan baik oleh sipenerima, berarti belum terjadi adanya komunikasi yang efektif (Riyanto, 2002:34-35).
Image of page 7
Image of page 8
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes