49564-ID-fertilitas-penduduk-indonesia-hasil-sensus-penduduk-2010.pdf

Dipastikan tidak ada rumah tangga ataupun anggota

Info icon This preview shows pages 10–12. Sign up to view the full content.

dipastikan tidak ada rumah tangga ataupun anggota rumah tangga yang terlewat atau tercacah dua kali. Hasil SP2010 ini diharapkan dapat menjadi rujukan utama data dasar kependudukan. Dalam demografi, pertumbuhan jumlah penduduk di suatu wilayah dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu: fertilitas (tingkat kelahiran), mortalitas (tingkat kematian) dan migrasi (perpindahan). Angka fertilitas di suatu wilayah menunjukkan banyaknya kelahiran (penduduk baru) yang dilahirkan oleh wanita pada usia reproduksi di wilayah tersebut. Kecenderungan fertilitas di suatu wilayah dipengaruhi oleh kondisi sosial dan ekonomi yang saling berkaitan erat. Besar atau kecilnya angka fertilitas berbeda antar wilayah, oleh karena itu pengamatan tentang fertilitas harus didukung oleh ukuran- ukuran lain yang dapat menjelaskan perbedaan fertilitas antar wilayah tersebut. Jumlah kelahiran hidup yang terjadi setiap tahun ditentukan oleh beberapa faktor demografis misalnya: distribusi umur dengan jenis kelamin, jumlah laki-laki dan perempuan kawin menurut kelompok umur, lamanya perkawinan, dan jumlah anak yang dilahirkan. Selain itu jumlah kelahiran juga ditentukan oleh faktor lain yang berkaitan dengan lingkungan sosial dan ekonomi dalam jangka waktu tertentu misalnya: kondisi perumahan, pendidikan, pendapatan, agama, maupun sikap terhadap nilai anak.
Image of page 10

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

2 Fertilitas Penduduk Indonesia Fertilitas merupakan kajian yang menarik untuk di bahas, karena dari fertilitas inilah pemerintah dapat menentukan tindakan pembangunan untuk masa yang akan datang. Fertilitas sebagai salah satu ukuran yang sangat penting dalam demografi dimana akan mempengaruhi perubahan penduduk dari sisi penambah jumlahnya. Perkembangan yang pesat di bidang kedokteran dan obat-obatan memberikan pengaruh berarti dalam hal penurunan kematian, namun disisi lain fertilitas tetap tinggi sehingga pertumbuhan penduduk menjadi sangat cepat. Masalah pertumbuhan penduduk inilah yang menyebabkan studi dan kajian mengenai fertilitas menjadi penting. 1.2 Tujuan Tujuan Sensus Penduduk 2010 adalah: 1. Mengumpulkan dan menyajikan data dasar kependudukan sampai wilayah administrasi terkecil. 2. Membentuk Kerangka Sampel Induk (KSI) untuk kepentingan survei-survei lain yang dilakukan dengan pendekatan rumah tangga. 3. Memperkirakan berbagai parameter kependudukan sampai wilayah administrasi tertentu. 4. Mengumpulkan informasi kependudukan yang dapat digunakan/ dimanfaatkan untuk penyusunan basis data kependudukan. Secara khusus tujuan penulisan ini adalah: 1. Memperoleh gambaran mengenai tingkat fertilitas berdasarkan hasil SP2010. 2. Melihat perkembangan (tren) tingkat fertilitas di Indonesia maupun provinsi selama periode 1971-2010. 1.3 Sistematika Penulisan Gambaran fertilitas hasil SP2010 disajikan dalam 4 bab. Bab 1 menyajikan latar belakang, tujuan dan sistematika penulisan. Bab 2 menjelaskan metodologi yang digunakan dalam mengestimasi tingkat kelahiran, termasuk di dalamnya adalah sumber data yang digunakan. Bab 3 membahas pola perkembangan tingkat fertilitas selama periode 1971- 2010. Dan yang terakhir Bab 4 penutup.
Image of page 11
Image of page 12
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Spring '17
  • Muhammad Fadli

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern