2 kemampuan dan kesediaan perusahaan perusahaan yang

Info icon This preview shows pages 37–41. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
2. Kemampuan dan Kesediaan Perusahaan Perusahaan yang mampu dan bersedia membayar upah/ gaji yang semakin baik, maka kompensasi akan semakin besar. Sebaliknya jika perusahaan mampu dan bersedia membayar upah/ gaji kurang maka kompensasi relatif kecil. 3. Pemerintah dengan Undang-Undang dan Kepres Pemerintah dengan Undang-Undang Kepres besarnya upah/ balas jasa minimum. Penetapan Undang-Undang Kepres sangat penting agar pengusaha tidak sewenang-wenang menetapkan besarnya balas jasa bagi karyawan karena pemerintah berkewajiban untuk melindungi masyarakat dari tindakan sewenang-wenang. 4. Biaya Hidup Jika biaya hidup di daerah itu tinggi maka kompensasi/ upah semakin tinggi. Sebaliknya karyawan yang biaya hidup di daerahnya rendah maka kompensasi relatif kecil.
Image of page 37

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
26 5. Posisi Jabatan Karyawan Karyawan yang mempunyai jabatan tinggi akan menerima kompensasi lebih besar. Sebaliknya karyawan yang jabatannya lebih rendah akan menerima kompensasi lebih kecil. 2.1.3.4. Tujuan Pemberian Kompensasi Tujuan pemberian kompensasi, menurut Samsudin (2009) sebagai berikut : 1. Pemenuhan Kebutuhan ekonomi Kompensasi yang diterima karyawan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup karyawan sehari-hari. Untuk itu, diperlukan kepastian akan penerimaan upah atau gaji secara tepat. 2. Meningkatkan produktivitas kerja Karyawan dapat bekerja dengan produktif jika ada perhatian dari perusahaan untuk memberikan kompensasi yang lebih baik. 3. Memajukan organisasi atau perusahaan Jika perusahaan memberikan kompensasi tinggi, dapat mendorong karyawannya untuk bekerja lebih giat dan memotivasi karyawan untuk memajukan perusahaan. 4. Menciptakan keseimbangan dan keadilan Keseimbangan dapat tercipta dari pemberian kompensasi secara adil dan layak, namun karyawan harus memenuhi persyaratan dalam jabatannya.
Image of page 38
27 2.1.3.5. Indikator Kompensasi Menurut Simamora (2004) indikator-indikator kompensasi bagi karyawan antara lain : 1. Gaji yang adil sesuai dengan pekerjaan 2. Insentif yang sesuai dengan pengorbanan 3. Tunjangan yang sesuai dengan harapan 4. Fasilitas yang memadai 2.2. Hubungan Pengaruh Variabel 2.2.1. Hubungan stress kerja terhadap kinerja perawat Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Stres kerja terkadang dapat membantu atau fungsional, tetapi juga dapat berperan sebagai disfungsi ( disfunctional ) atau merusak prestasi kerja (Handoko, 2008). Hal ini berarti bahwa stres mempunyai potensi sebagai pendorong atau pengganggu dalam situasi kerja tergantung seberapa besar tingkat stres. Apabila stres yang dialami terlalu besar, maka akan mengakibatkan prestasi kerja menurun, karena terjadinya stres dapat mengganggu terlaksananya pekerjaan. Karyawan akan kehilangan kemampuan dalam mengendalikan, sehingga karyawan menjadi tidak mampu mengambil keputusan-keputusan dan perilakunya menjadi tidak teratur. Akibat paling ekstrim adalah prestasi kerja menjadi nol, karena karyawan menjadi sakit atau tidak kuat bekerja lagi, putus asa, keluar dari pekerjaan, dan mungkin diberhentikan.
Image of page 39

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
28 Dalam penelitian yang dilakukan oleh Astianto dan Suprihadi
Image of page 40
Image of page 41
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern