Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari tanah kering yang berasal

Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari

This preview shows page 7 - 9 out of 27 pages.

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari tanah kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk.” (Q.S. Al Hijr:26) “Sesungguhnya manusia itu berasal dari Adam dan Adam itu (diciptakan) dari tanah.” (HR. Bukhari) Sesudah ditiupkan Roh ke dalam tubuhnya, para Malaikat diperintahkan untuk sujud (memberi hormat) kepadanya. Allah memberi manusia ilmu pengetahuan dan kemauan, dijadikan khalifah (penguasa) di bumi dan menjadi pusat kegiatan di alam ini. Segala apa yang di langit dan di bumi, semuanya bekerja untuk kepentingan manusia, dan kepadanya diberikan hikmat lahir dan batin. Sebelum manusia diciptakan, Allah memberitahukan rencana-nya pada para Malaikat. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat. “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".( Q.S. Al Baqarah:30) Dari surat Al Baqarah ayat 30 di atas, Allah menciptakan manusia seutuhnya. Manusia diciptakan. Tidak berasal dari satu sel yang berkembang menjadi banyak variasi yang salah satunya menjadi manusia. Tidak terjadi secara kebetulan dan tak tersirat sedikitpun adanya evolusi dalam penciptaan manusia. Allah menjadikan manusia sebagai makhluk yang sempurna dengan mengkaruniakan akal dan nafsu sekaligus. Setelah manusia pertama Adam a.s, Allah SWT mengajarkan kepadanya nama-nama benda seluruhnya. Lalu Allah SWT menujukkan kepandaian Adam pada para Malaikat. 6
Image of page 7
Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"(Q.S. Al Baqarah:31) Kemudian dari tulang rusuk Adam, Allah menciptakan manusia kedua berjenis kelamin wanita untuk menemaninya. Adam memberi nama wanita itu : Hawa, artinya orang yang kurindukan. Hawa menjadi manusia kedua yang Allah ciptakan. Penciptaannya dijelaskan melalui Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Selanjutnya allah menikahkan keduanya dengan saksi para Malaikat. “Maka sesungguhya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk Adam.” (HR. Bukhari-Muslim) Setelah penciptaan Nabi Adam dan Siti Hawa, manusia diciptakan secara biologis. Di dalam Al Qur’an proses kejadian tersebut dijelaskan secara terperinci melalui firmannya : Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. (Q.S. Al Mu’minun:12) Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). (Q.S. Al Mu’minun:13) Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 27 pages?

  • Spring '17
  • Pak Agung

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes