Sementara Kam 1990 mendefinisikan biaya sebagai penurunan nilai aktiva atau

Sementara kam 1990 mendefinisikan biaya sebagai

This preview shows page 2 - 5 out of 7 pages.

Sementara Kam (1990) mendefinisikan biaya sebagai penurunan nilai aktiva atau kenaikan hutang atau kenaikan ekuitas pemegang saham (stockholder’s equity) sebagai akhir pemakian barang dan jasa oleh suatu unit perjuangan untuk menghasilkan pendapatan pada periode berjalan. Dari definsi-definisi di atas, definisi yang dikemukakan IAI sejalan dengan definisi yang diajukan oleh Kam. Keduanya mendefinisikan biaya dari sudut pandang kejadian moneter 2
Image of page 2
(penurunan aktiva, kenaikan hutang/kenaikan ekuitas). Sebaliknya definisi yang dikemukakan FASB cenderung agak berbeda dengan definisi yang dikemukakan Kam. Perbedaan sudut pandang tersebut sanggup dianalisis sebagai berikut : Definisi yang diajukan FASB tidak memperlihatkan perbedaan yang terang antara kejadian moneter dan kejadian fisik. Perlu diketahui bahwa laba, pendapatan, dan biaya saling berkaitan dekat dengan nilai dari suatu obyek ekonomi tertentu (jumlah rupiah mempunyai sifat moneter, lantaran dihasilkan dari kejadian yang mengakibatkan perubahan nilai obyek ekonomi tersebut. Biaya memperlihatkan kejadian moneter yang berasal dari pemakaian barang dan jasa (peristiwa fisik) dalam acara operasional perusahaan. Pemakaian aktiva harus memperlihatkan adanya suatu cost yang dinyatakan keluar (dikonsumsi) sebagai biaya. Apabila dilihat dari pandangan tradisional, definisi yang dikemukakan FASB memperlihatkan bahwa biaya hanya dihasilkan dari pemakaian aktiva untuk tujuan menghasilkan pendapatan pada periode berjalan. Apabila prinsip penandingan (matching) dilakukan dengan tepat, maka pembebanan biaya harus ditunda lebih dahulu sebagai aktiva, selama pemanfaatan jasa masa kini sanggup membantu menghasilkan pendapatan pada priode yang akan datang. FASB tidak memperlihatkan kondisi tersebut. Lepas dari perbedaan tersebut, yang terang setiap cost yang dinyatakan keluar dalam rangka menghasilkan pendapatan disebut dengan biaya. Baik itu biaya yang berasal dari cost yaang pribadi dibebankan sebagai biaya tanpa dicatat lebih dahulu sebagai aktiva. 2.2 Karakteristik Biaya Dari berbagai sumber di atas dan sebagai lawan dari pendapatan, terdapat dua karakteristik penting yang melekat pada makna biaya yaitu: 1) Aliran keluar atau penurunan asset 2) Akibat kegiatan yang membentuk operasi utama yang menerus Selain dua karakteristik utama di atas, terdapat karakteristik lain yang bersifat sebagai konsekuensi, pendukung, atau penjelas. Karakteristik utama dan pendukung dibahas berikut ini: a. Penurunan Aset 3
Image of page 3
Untuk dapat mengatakan bahwa biaya timbul, harus terjadi transaksi atau kejadian yang menurun asset atau menimbulkan aliran keluar asset atau sumber ekonomik.
Image of page 4
Image of page 5

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 7 pages?

  • Fall '19
  • ika

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes