Transaksi Kredit Pembayaran tunai merupakan transaksi kredit pada rekening tamu

Transaksi kredit pembayaran tunai merupakan transaksi

This preview shows page 7 - 9 out of 12 pages.

yang dinikmati oleh tamu hotel, yang dibebankan ke rekening kamarnya. Transaksi Kredit Pembayaran tunai merupakan transaksi kredit pada rekening tamu. Pembayaran tunai dapat dilakukan oleh tamu bila tamu membayar tunai seluruh rekeningnya ( paid in full ) pada saat check-out , atau dapat membayar tunai sebagian dari rekeningnya karena masih tinggal di hotel dan sisanya akan dilunasi pada saat check-out Pembayaran tunai untuk pemesanan kamar dilakukan agar kamar yang dipesan sudah pasti didapat oleh tamu pada saat check-in. Jenis pembayaran tunai yang dilakukan untuk pemesanan kamar dalam bahasa Inggris lazim disebut Advance Reservation Deposit (ARD). Melanjutkan contoh di atas, pada 4 Mei 2006 Tuan Yakin H membayar tunai sebagian (biasa disebut istilah teknis prepayment) rekening kamar sebesar Rp100.000. Transaksi ini mengurangi beban tagihan kepada Tuan Yakin H sehingga dicatat di sisi kredit. Dengan transaksi pembayaran tunai ini, saldo rekening kamar Tuan Yakin H pada 4 Mei 2006 menjadi sebesar Rp164.000. Jumlah ini merupakan beban yang harus diselesaikan oleh Tuan Yakin H kepada Hotel Gandapura. Dengan kata lain, piutang/tagihan hotel kepada Tuan Yakin H pada tanggal 4 Mei 2006 sebesar Rp164.000. Bila ternyata pada saat Tuan Yakin H check-out manajemen hotel memberikan discount pada harga kamar sebesar Rp20.000 per malam maka discount ini harus dicatat agar mengurangi beban kamar Tuan Yakin H. Perlu diingat bahwa discount hanya dicatat pada rekening tamu bila telah mendapatkan persetujuan tertulis dari pejabat hotel yang berwenang untuk itu (misalnya Front Office Manager, General Manager dan pejabat yang berwenang lainnya). Pada rekening tamu, discount dicatat dengan penyesuaian ( adjustment ) yang merupakan transaksi kredit pada akuntansi rekening tamu. Perhatikan rekening 210 dari Tuan Yakin H setelah transaksi prepaymenr dan adjustment karena pemberian diskon harga kamar pada 4 Mei 2006. 201 9 7 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

Hal-Hal Khusus Yang Mungkin Terjadi 1. Tamu Meninggalkan Hotel Tanpa Menyelesaikan Rekening Ada kalanya tamu meninggalkan hotel tanpa alasan dan tanpa membayar rekeningnya Dalam bahasa teknis tamu yang meninggalkan hotel tanpa membayar rekeningnya disebut skipper. Bila kondisi ini dibiarkan berlanjut maka beban yang ditagih kepadatamu yang bersangkutan akan membesar, sedangkan di sisi lain peluang untuk mendapatkan penjualan dari kamar tersebut tertutup. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya petugas hotel yang berhubungan dengan kondisi tersebut (tata graha, resepsionis, kasir kantor depan dan petugas hotel lainnya) mengamati setiap hari pergerakan transaksi tamu hotel. Dengan pengamatan oleh setiap petugas hotel, peluang kerugian hotel akibat skipper bisa ditekan. Bila terjadi skipper maka penanganan rekening tamu tersebut dapat dilaksanakan seperti di bawah ini.
Image of page 8
Image of page 9
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes