menambah kas hotel di rekening pada satu sisi dan mengurangi piutang hotel pada

Menambah kas hotel di rekening pada satu sisi dan

This preview shows page 3 - 5 out of 12 pages.

menambah kas hotel di rekening pada satu sisi dan mengurangi piutang hotel pada pihak ketiga di sisi lain. Kondisi yang sama berlaku untuk pembayaran piutang dari kartu kredit beban ke instansi dan lainnya. Hotel juga mendapatkan kas dari pembayaran di muka untuk pemesanan kamar ( advance reservation deposit ), perjamuan ( banquet ), dan sewa/kontrak untuk ruangan toko/perkantoran yang ada di area dan atau di lobi hotel. Selain sumber penerimaan kas dari operasional yang disebut di atas, di hotel juga menerima kas dari sumber pendanaan dari pihak ketiga (misalnya utang jangka panjang) dan dari aktivitas investasi (misalnya penjualan saham). Penerimaan Kas Dari Penjualan Jasa Hotel Kas yang diterima dari penjualan jasa bersumber dari penjualan kamar, makanan, minuman, dan jasa terkait lainnya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penjualan kamar, makanan dan minuman merupakan penjualan utama hotel ( major revenue ). Adapun penjualan seperti telepon, kolam renang, cucian ( laundry ), dry cleaning dan penjualan jasa terkait lainnya merupakan penjualan tambahan ( minor revenue ). Penerimaan kas dari penjualan jasa hotel terjadi dan berlangsung di kantor depan dan di outlet hotel. Penerimaan kas di kantor depan dicatat dan dilaporkan oleh kasir kantor depan dan penerimaan kas di outlet dicatat dan di laporkan oleh kasir outlet yang bersangkutan. Penerimaan Kas Oleh Kasir Kantor Depan Kas yang diterima oleh kasir kantor depan bersumber dari : 1. Tamu yang meninggalkan hotel ( check-out ); 2. Pembayaran di muka untuk pemesanan kamar ( advance reservation deposit ); 3. Pembayaran dimuka untuk pesta perjamuan/andrawina ( banquet ) Semua kas yang diterima olehkasir kantor depan dengan sumber – sumber kas di atas dicatat pada laporan penerimaan kas yang dikerjakan harian dan untuk setiap waktu tugas. Dasar pengisisan laporan kas ini adalah rekening tamu dan kuintansi penerimaan kas. Untuk tujuan pengendalian kas, semua rekening tamudan kwitansi diberi nomor urut. Uang 201 9 3 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

kas yang diterima oleh kasir kantor depan harus disetorkanke managemen hotel melalui kasir umum ( general cashier ) sesuai dengan waktu tugas dan dilakukan harian. Uang kas yang disetorkan dimasukkan ke dalam amplop yang khusus untuk itu. Penerimaan Kas Dari Kasir Outlet Penjualan makanan dan minuman terjadi di outlet makanan dan minuman ( food and beverage outlet ) seperti di restoran, coffee shop, layanan kamar ( room service ), specialty restaurant dan bar. Penjualan yang terjadi terdiri dari penjualan tunai dan tidak tunai / kredit ( charges ). Semua penjualan yang terjadi di outlet dilaporkan harian untuk setiap waktu tugas, disertai dengan semua dokumen pendukung. Sementara itu, uang kas yang diterima disetorkan pula setiap akhir tugas. Uang kas yang disetorkan ke manajemen hotel melalui kasir umum ( general cashier ) dimasukan ke dalam amplop yang khusus untuk itu (lihat Gambar 7.1 untuk contoh).
Image of page 4
Image of page 5
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes