Menunjukkan bahwa seperti rekan rekan mereka di

  • No School
  • AA 1
  • 26

This preview shows page 24 - 26 out of 26 pages.

menunjukkan bahwa, seperti rekan-rekan mereka di sebagian besar dunia, Muslim Indonesia telah menyimpulkan bahwa syariah adalah pedoman Allah bagi umat manusia dan, dengan demikian, harus adil dan benar. Kedua, dan terlepas dari harapan para Islamis radikal, bagi kebanyakan Muslim pemahaman umum ini tidak menghasilkan prosedur yang jelas dan spesifik untuk bagaimana bertindak atau memerintah secara politis, bahkan berkenaan dengan hukum Islam. Daripada setuju dengan klaim Islam radikal bahwa syariah itu jelas dan tidak berubah dan bahwa penerapannya akan menyelesaikan semua masalah di Indonesia, maka, sebagian besar Muslim tidak pasti mengenai persyaratan praktis hukum, dan dengan demikian lebih memilih pendekatan empiris untuk masalah sosial. Temuan ini "dari lapangan," bisa dikatakan, konsisten dengan beasiswa terbaru tentang hukum Islam, yang telah menekankan bahwa dalam penggunaan sosialnya syariah adalah sebanyak atau bahkan lebih "kosakata moralitas dan keadilan" daripada sebuah entitas yang mirip dengan hukum positif Barat.90 Jika kesimpulan ini benar, itu berarti bahwa komitmen pendidik dan publik terhadap syariah adalah nyata tetapi juga, dengan kata lain, secara prosedural tidak jelas. Ia hidup berdampingan dengan keyakinan yang sama pentingnya bahwa
Image of page 24
penyelesaian masalah pengangguran dan korupsi membutuhkan instrumen empiris pragmatis, bukan hanya gagasan absolut tentang kebaikan. Pihak atau aktor yang dapat menunjukkan bahwa menerapkan syariah dapat menyelesaikan masalah-masalah praktis mungkin belum dapat memanfaatkan cadangan publik yang tidak berbentuk ini untuk hukum Tuhan. Tetapi mereka yang hanya mengulangi bahwa hukum adalah obat mujarab untuk semua masalah sosial tidak harus dihargai dengan dukungan publik. KESIMPULAN Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 1960, seorang antropolog muda bernama Clifford Geertz mensurvei keadaan pendidikan Islam di Indonesia, mengarahkan pandangannya ke arah pesantren dan sosok direkturnya, yang dikenal di Jawa sebagai kyai. Geertz mengamati bahwa bangkitnya nasionalisme di Indonesia telah menggusur banyak pemimpin daerah tradisional dan menciptakan celah berbahaya antara pemimpin nasionalis sekuler baru negara itu dan warga negara "yang sebagian besar masih terserap" dalam "sejumlah budaya daerah yang berbeda." 91 Geertz juga berspekulasi bahwa kyai mungkin secara unik ditempatkan untuk menengahi kesenjangan ini dengan melayani sebagai perantara budaya antara kepemimpinan nasional yang jauh dengan massa Muslim yang besar. Ini adalah kesimpulan dari artikel Geertz, yang berbunyi sangat menggugah hari ini. Jika kyai ingin menjadi broker yang efektif, Geertz mengamati, pendidikan Islam harus diubah: Hanya melalui penciptaan sebuah sekolah sekaligus yang secara religius memuaskan penduduk desa seperti halnya pesantren, dan secara fungsional berfungsi untuk pertumbuhan "Indonesia baru" sepertipemerintah, sekolah sekuler yang dikelolapara kiai [kyai] dapat melakukannya. . . menjadi seorang pria
Image of page 25
Image of page 26

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 26 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes