Selain berisi simpulan pada bagian penutup juga kadang terdapat subbab saran

Selain berisi simpulan pada bagian penutup juga

This preview shows page 178 - 181 out of 185 pages.

Selain berisi simpulan, pada bagian penutup juga kadang terdapat subbab saran. Subbab ini tampaknya masih banyak digunakan sebagai sub- bagian dari bagian penutup. Namun, sejumlah perguruan tinggi belakangan ini mulai menghapus bagian tersebut. Sederhananya, sebuah penelitian mensyaratkan sebuah penelitian lanjutan, entah untuk menyanggah atau menguatkan hasil penelitian terdahulu. f. Bagian Pelengkap Daftar Pustaka Daftar pustaka atau bibliografi merupakan bagian penting bagi suatu tulisan ilmiah atau penelitian. Asumsinya, sebuah penelitian ilmiah tentu akan menggunakan referensi-referensi pendukung. Tidak ada batasan
Image of page 178
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 7 | Uraian Materi Pembelajaran 167 Modul 7 minimal maupun maksimal dalam penggunaan referensi. Namun, ini bukan berarti bahwa peneliti bisa seenaknya mencantumkan referensi. Referensi yang terlalu sedikit bisa menandakan peneliti tidak banyak membaca literatur pendukung atau hasil penelitian terkait. Sementara bila terlalu banyak, bisa-bisa dicurigai hasil tulisannya didominasi oleh pendapat ahli daripada pendapat peneliti itu sendiri. Oleh karena itu, pemanfaatan referensi harus dilakukan sewajar dan seperlunya saja. Kaidah penulisan daftar pustaka juga harus diperhatikan. Bedakan sumber referensi yang berasal dari buku dengan majalah dan surat kabar. Mengingat dunia internet saat ini pun menawarkan beragam hasil penelitian yang dengan mudah dapat diakses, peneliti dapat memanfaatkan sumber-sumber tersebut sebagai bahan referensi penelitiannya. Khusus untuk sumber referensi dari internet, saat ini disepakati bahwa tata cara penulisannya sebagai bibliografi diperlakukan seperti layaknya sebuah artikel. Berikut ini merupakan contoh dari bagaimana penulisan daftar pustaka pada penulisan makalah, skripsi, disertasi, dan lain-lain. 1. Penulisan daftar pustaka yang diambil dari buku mengikuti kaidah sebagai berikut. Pertama, nama pengarang diawali huruf besar, dimulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjutkan dengan nama depan. Nama belakang bisa disingkat, tetapi bisa juga tidak disingkat. Kedua, ditulis tahun pembuatan atau penerbitan buku yang sebelumnya didahului tanda koma untuk membatasi nama pengarang dan tahun penerbitan. Ketiga, ditulis judul buku dengan mengunakan huruf miring setelah judul gunakan (tanda titik). Keempat, ditulis tempat diterbitkannya buku itu, diakhiritanda titik dua; di kelima, ditulis penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik). Seperti contoh dibawah ini:
Image of page 179
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 7 | Uraian Materi Pembelajaran 168 Modul 7 Keraf, Gorys, 2004. Diksi dan Gaya Bahasa . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Soeseno, Slamet, 1982. Teknik Penulisan Ilmiah-Populer . Jakarta: Gramedia. Sudaryanto, 2001. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis . Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Image of page 180
Image of page 181

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors