Hal ini merupakan salah satu bentuk kemajuan dalam bahasa Indonesia Di sisi

Hal ini merupakan salah satu bentuk kemajuan dalam

This preview shows page 28 - 31 out of 185 pages.

Indonesia, maka kendala komunikasi antaranggota masyarakat dapat diatasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk kemajuan dalam bahasa Indonesia. Di sisi lain, sebagai dampak perkembangan IPTEK yang pesat, penyebarluasan bahasa gaul dan bahasa asing sampai ke pelosok negeri dikhawatirkan akan dapat mengancam eksistensi bahasa bahasa Indonesia baku. Akibat pengaruh globalisasi, pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dan pengaruh dari negara-negara ekonomi kuat, seperti Amerika Serikat, Cina, Jepang, dan Korea, bahasa Indonesia menjadi terpinggirkan. Ancaman itu justru diperparah oleh sikap masyarakat dan kalangan terpelajar di Indonesia sendiri. Banyak yang menganggap sepele bahasa Indonesia dan lebih mementingkan bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Spanyol, bahasa Arab, bahasa Perancis, bahasa Jerman, bahasa Mandarin, bahasa Korea, dan bahasa lainnya. Kebanyakan dari mereka mengganggap bahasa Indonesia
Image of page 28
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 1| Uraian Materi Pembelajaran 24 Modul 1 terlalu kaku, tidak bebas dan terasa kurang akrab. Mereka lebih menyukai bahasa baru yang dikenal dengan bahasa gaul yang merupakan campuran dari bahasa daerah, bahasa asing, dan bahasa Indonesia. Keadaan ini berbalik 180 derajat dari keadaan 78 tahun yang lalu, di saat para pelajar dan pemuda dengan semangat cinta tanah air menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, bukan bahasa lainnya seperti Bahasa Belanda ataupun bahasa daerah. Sebagai dampak dari sikap menganggap sepele pelajaran bahasa Indonesia, banyak dari pelajar itu sendiri mendapatkan nilai yang rendah dalam pelajaran bahasa Indonesia. Parahnya lagi, penyebab banyaknya pelajar yang tidak lulus Ujian Nasional adalah karena mereka tidak mendapatkan nilai yang baik dalam pelajaran bahasa Indonesia, yang terjadi karena kebanyakan dari mereka menganggap remeh bahasa Indonesia. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan masyarakat dan pelajar Indonesia menganggap remeh pelajaran bahasa Indonesia. Pertama, adanya anggarapan tidak perlu lagi belajar bahasa Indonesia karena karena mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, meskipun bahasa Indonesia seadanya. Padahal, penguasaan bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi tingkat masyarakaty melainkan juga mencerminkan karakter, budaya, sikap, perilaku, dan jatidiri bangsa. Kedua, karena adanya kemunduran dan kemerosotan ekonomi dan moral bangsa Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Kemerosotan ekonomi dan kemunduran moral bangsa yang dicerminkan dalam berbagai tindak kekerasan, terorisme, dan kriminal menimbulkan rasa malu berbahasa dan sebagai orang Indonesia di kalangan masyarakat Indonesia dalam pergaulan internasional. Ketiga, sebagai akibat adanya globalisasi muncul beragam konsep goblasisasi termasuk dalam percaturan dan pergaulan. Banyak kalangan masyarakat Indonesia yang berhasil menjalin hubungan pergaulan internasional,
Image of page 29
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 1| Uraian Materi Pembelajaran 25 Modul 1 yang menyebabkan mereka tidak lagi suka menggunakan bahasa Indonesia, dan lebih suka menggunakan bahasa asing.
Image of page 30
Image of page 31

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes