beberapa tahun ini perusahaan ritel seperti Indomaret sudah beberapa yang masuk

Beberapa tahun ini perusahaan ritel seperti indomaret

This preview shows page 6 - 8 out of 9 pages.

beberapa tahun ini perusahaan ritel seperti Indomaret sudah beberapa yang masuk ke Indonesia dan langsung menjadi ancaman yang serius bagi Indomaret. Para pendatang baru ini menggunakan konsep semi-cafe dimana para konsumen bisa bersantai terlebih dahulu sesudah membeli barang dan mesin pembuat coffe sebagai pilihan untuk menemani mereka bersantai. Terdapat enam sumber utama terhadap masuknya pendatang baru: a) Skala ekonomi Para pendatang baru ini tidak segan – segan untuk mengeluarkan biaya yang bisa terbilang mahal hanya untuk bersaing dengan pendahulunya bahwa mereka adalah toko ritel masa kini dan jauh lebih lengkap. b) Diferensiasi produk/jasa Diferensiasi produk yang begitu jauh terhadap pendatang baru membuat konsumen tidak segan -segan untuk beralih dari indomaret yang hanya menyediakan produk yang datar. teknologi yang digunakan pendatang baru untuk produk yang mereka tawarkan juga mampu memikat para konsumen untuk mencobanya. c) Persyaratan modal Indomaret yang menaruh toko usahanya dimana – mana memang masi susah untung disaingi bagi para pendatang baru seperti Seven Eleven yang membutuhkan modal besar untuk membangun satu toko saja. Para pendatang baru ini mengakali strategi Indomaret tersebut dengan menaruh toko mereka ke daerah – daerah yang sudah modern sehingga terkesan lebih maju. d) Kerugian biaya yang tidak dipengaruhi oleh ukuran perusahaan Page 6 of 9
Image of page 6
PORTER FIVE FORCES MODEL Dengan Keunggulan biaya yang dimiliki Indomaret terhadap pesaingnya, Indomaret bergerak cepat untuk mengambil tempat yang sangat bagus untuk toko mereka sebelum para pendatang baru melihat tempat tersebut dan kualitas produk Indomaret sudah dipercaya oleh para konsumen, sehingga para pendatang baru harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk mengubah mind set para calon konsumennya. e) Akses terhadap saluran distribusi Pendatang baru seperti Lawson dan Seven Eleven menambahkan jalur distribusi mereka terhadap Indomog yaitu voucer – voucer untuk game online masa kini yang sedang terkenal. Mereka selalu menambahkan nilai plus dari sisi mana saja sehingga pendahulu mereka yaitu Indomaret ketinggalan jauh. f) Kebijakan pemerintah selama ini di Indonesia telah salah mengartikan arti dari waralaba, sehingga menyebabkan persaingan (bisa dibilang kurang sehat) seperit persaingan antara indomaret dan alfamart. Sebenarnya waralaba itu hanya di bolehkan kepada perusahaan yang hampir bagkrut, seperti di amerika waralaba hanya boleh dilakukan oleh perusahaa yang di anggap pemerintah akan mengalami kebangkrutan sehingga tidak menyebabkan terjadinya persaingan yang seperti indomaret dan alfamart yang ada di Indonesia ini. c. Ancaman produk substitusi Menurut Pearce dan Orbinson (2008, p132) produk-produk substitusi yang perlu diperhatikan secara strategis adalah produk-produk substitusi yang memiliki tren membaiknya kinerja harga dibandingkan dengan produk industry tersebut, diproduksi oleh industru yang memperoleh laba tinggi.
Image of page 7
Image of page 8

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 9 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors