Klasifikasi terhadap aset biologis juga dijelaskan

  • No School
  • AA 1
  • 14

This preview shows page 4 - 6 out of 14 pages.

Klasifikasi terhadap aset biologis juga dijelaskan dalam peraturan yang dikeluarkan Desember 2000 ini. Selain itu, standar akuntansi untuk sektor pertanian sudah mulai berkembang sedemikian rupa. IPSAS 27, European Farm Accountancy Data Network (FADN), dan Proposed International Accounting Standard on Agricultural (PIASA), juga turut mengatur perlakuan akuntansi aset biologis yang dimiliki oleh negara maju. Berbeda dengan apa yang kita lihat di luar, Indonesia belum mengatur secara spesifik terkait pencatatan dan pengungkapan dalam sektor agrikultur. Sampai saat ini, acuan pelaporan keuangan dalam sektor agrikultur hanya mengacu pada Surat Edaran Ketua Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No: SE-02/PM/2002 tentang Pedoman Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan Emiten atau Perusahaan Publik Industri Perkebunan, Pedoman Akuntansi Perkebunan BUMN Berbasis IFRS yang dekeluarkan oleh PT. Perkebunan Nusantara I-IV dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) tahun 2011, PSAK 16 tentang Aset Tetap, PSAK 48 tentang Penurunan Nilai Aktiva, dan SAK ETAP untuk perusahaan yang tidak memiliki akuntabilitas publik. Pada kenyataannya, saat ini banyak entitas usaha agrikultur di Indonesia yang hanya mengacu pada PSAK 16 dan 48 dalam menilai aset biologis yang mereka miliki (Kurniawan, 2012: 3). PSAK 16 dan 48 sendiri tidak secara spesifik mengatur masalah aset biologis, hanya aset secara umum. Kurniawan juga menilai bahwa hal ini dapat menimbulkan distorsi akuntansi yang dampaknya akan membuat laporan keuangan menjadi tidak andal. Bias yang terjadi pada pelaporan akuntansi, akan berdampak besar pada keakuratan pengambilan keputusan oleh pengguna laporan keuangan. Seperti yang diungkapkan Tang dan Gao (2013: 14), tidak adanya
Image of page 4
5 keseragaman dalam standar pelaporan akuntansi biologis akan menimbulkan keberagaman pengungkapan, perusahaan terdaftar yang sejenis tidak dapat diperbandingkan dan menyesatkan pengguna laporan keuangan. Melihat betapa pentingnya menyampaikan informasi akuntansi yang andal dan relevan, penulis tertarik untuk menganalisis perlakuan akuntansi terhadap aset biologis pada entitas perkebunan yang sudah mulai mengaplikasikan IAS 41 Agriculture atau sudah mendekati nilai- nilai yang diperintahkan dalam IAS 41 Agriculture. Untuk itu PT Sampoerna Agro dipilih untuk dianalisis perlakuan akuntansi aset biologisnya yang kemudian dibandingkan dengan entitas sejenis untuk melihat variasi dalam pelaporan akuntansi aset biologis. PT Sampoerna Agro Tbk adalah perusahaan perkebunan yang sudah berdiri sejak tahun 1989 dan sudah mulai mendaftarkan dirinya pada pasar saham sejak tahun 2007. Selain bergerak dalam industri kelapa sawit, Sampoerna juga mengelola perkebunan karet, sagu, dan pengembangan bibit kelapa sawit yang kegiatan operasinya berlokasi di Sumatra, Kalimantan dan Papua. Sebagai entitas, PT Dharma Satya Nusantara Tbk dipilih berdasarkan kemiripan nilai aset biologis dan kinerja perusahaan yang tidak jauh berbeda. Walau sudah berdiri sejak tahun 1980, perusahaan ini masih sangat muda dalam bursa saham karna baru saja terdaftar pada tahun 2013. Sama seperti PT Sampoerna Agro, perusahaan ini menggantungkan sebagian besar
Image of page 5
Image of page 6

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 14 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes