D Hasil Pengukuran Format pelaporan data SGR lebih kompleks daripada log sinar

D hasil pengukuran format pelaporan data sgr lebih

This preview shows page 7 - 12 out of 15 pages.

D.Hasil PengukuranFormat pelaporan data SGR lebih kompleks daripada log sinar gamma Totalkarena mengandung lebih banyak informasi rinci. Kolom 1 digunakan untukmerekam turunan log sinar gamma total (SGR), yang merupakan jumlah dari semuakontribusi radiasi, serta log CGR, yang merupakan jumlah respon kalium danthorium, meninggalkan kontribusi dari uranium. Kolom 2 dan 3 digunakan untukmerekam kelimpahan dihitung terkait dengan radiasi dari kontribusi individu darimasing-masing K40, U238, dan Th232. Perlu dicatat bahwa kalium dilaporkan sebagaipersentase, sedangkan U238dan Th232dilaporkan dalam bagian per juta (ppm).
Background image
8Gambar Presentasi dari log spektral sinar gamma.Pada GR Log didapatkan suatu kurva yang menunjukkan besarnya intensitasradioaktif yang ada dalam formasi. Dengan menarik garis GR yang mempunyaiharga minimum dan harga maksimum pada penampang log maka kurva GR yangjatuh diantara kedua lapisan kurva tersebut merupakan indikasi adanya lapisan shale.
Background image
9Gambar Respon Umum GR LogGambar dibawah ini menunjukkan contoh interpretasi lapisan batuan untukmendiskriminasi sandstone dari shale dengan menggunakan log gamma ray.Gambar interpretasi lapisan batuanDikarenakan log gamma ray memiliki kapabilitas untuk mengukur derajatkandungan shale di dalam lapisan batuan, maka didalam industri migas gamma raylog kerap kali digunakan untuk memprediksi besaran volume shale atau dikenaldengan Vshale dengan formulasi:Gambar dibawah ini menunjukkan teknis perhitungan Vshale untuk shale Adari sebuah gamma ray log. Perhatikan bahwa penentuan nilai-nilai tersebut bersifatinterpretatif.
Background image
10Gambar Teknis perhitungan Vshale AE.Faktor yang mempengaruhi respon alat1.Kecepatan loggingGambar Efek Konstanta Waktu dan Kecepatan Loging
Background image
11Sementara semua argumen tentang kecepatan logging untuk alat sinargamma total juga cocok untuk alat spektral, fluktuasi statistik kiniharus diterapkan pada proporsi rata-rata perhitungan gamma total.Jika kualitas data baik untuk masing-masing K40, U238 dan Th232harus diperoleh, akibatnya kecepatan logging harus lebih rendah.Dalam prakteknya, log biasanya dijalankan 2 sampai 3 kali lebihlambat dari total gamma ray log. Namun, hasil ini dalam log SGRmerupakan kualitas yang sangat tinggi.2.Borehole EffectDipengaruhi oleh tipe alat dan ukuran lubang bor. Seperti dengan logsinar gamma total, alat spektral dapat dijalankan berpusat di lubangbor atau mendorong dinding lubang bor (eccentred). Jika lubang bormengalami ambrukan, log gamma ray spectral dapat sangatterpengaruh dengan cara yang sama sebagai alat sinar gamma total,meskipun efeknya tidak seburuk untuk versi eccentred. Koreksi grafikuntuk alat sinar gamma spektral juga diberikan oleh perusahaan alatlogging untuk konfigurasi centreddan eccentred.
Background image
Image of page 12

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 15 pages?

  • Winter '14
  • ir. sugiatmo kasmungin
  • Test

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture