D struktur organisasi pada hotel dan standard

This preview shows page 8 - 11 out of 12 pages.

D. STRUKTUR ORGANISASI PADA HOTEL DAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE-NYA Prinsip-prinsip pengelolaan manajemen hotel pada hakekatnya adalah sama dengan prinsip-prinsip manajemen organisasi perusahaan pada umumnya. Prinsip-prinsip pengelolaan manajemen hotel didasarkan pada falsafah dan gaya manajemen yang dimiliki oleh pemilik dan manajemen hotel. Falsafah dan gaya manajemen yang bersifat konservatif atau agresif akan dijadikan sebagai suatu dasar untuk menetapkan visi dan misi perusahaan. Struktur organisasi merupakan suatu tingkatan hierarkis dimana dari struktur organisasi tersebut dapat diketahui bagian-bagian yang ada di hotel, hubungan antara bagian hotel serta hubungan antara atasan dan bawahan. Dasar penyusunan organisasi antara hotel yang satu dengan hotel yang lain memiliki kesamaan, karena setiap hotel memiliki produk layanan yang sama, yaitu sewa kamar, makanan dan minuman, sport, kasino, dan produk lainnya. Akan tetapi bentuk dan luas organisasi hotel akan berbeda antara satu hotel dengan hotel yang lainnya. Perbedaan tersebut diakibatkan oleh hal berikut: a. Tipe dan jenis hotel b. Ukuran hotel (besar atau kecil) c. Fisik bangunan hotel d. Kemampuan tenaga kerja yang ada didalamnya e. Sistem manajemen dan pengelolaan yang diberlakukan Struktur organisasi dirancang sesuai dengan kebutuhan hotel, semakin besar dan lengkap fasilitasnya maka struktur organisasinya juga semakin kompleks. Berdasarkan struktur organisasi dapat ditentukan perkiraan jumlah karyawan yang dibutuhkan secara keseluruhan. Struktur organisasi hotel biasanya disusun berdasarkan fungsionalnya, seperti marketing, accounting, personel, dan produksi. Dari struktur organisasi dapat dipersiapkan analisis jabatan yang terdiri dari: - Job description - Standard operational procedure/SOP - Job specification
8 Job Description menggambarkan kewajiban dari masing-masing posisi. Prosedur manual SOP memberikan gambaran bagaimana pekerjaan atau kewajiban akan dilaksanakan. Struktur jabatan yang ada di hotel meliputi: - Manajer: General Manajer, Resident Manajer - Head/Manajer Departement: Room, Food & Beverage, Accounting, Maintenance & Engineering - Chef: Kitchen, Pastry - Assistant Manajer - Supervisor - Staff Tugas dan tanggung jawab : 1. General manager : Bertanggung jawab terhadap operasional Membuat perencanaan. Menciptakan budaya. Menjalin komunikasi dengan perusahaan lain. Membuat keputusan. 2. Secretary : Membuat agenda kegiatan gm. Menyimpulkan hasil rapat. Membuat laporan hasil kegiatan.
9 3. Assistant executive : Menjalankan perintah yang di sampaikan oleh general manager dan selanjutnya meneruskan kepada manager. Executive assistant manager , bertanggungjawab kepada general manager . Menyampaikan laporan yang dibuat oleh para manager. Mengambil alih tugas general manager apabila sewaktu-waktu general manager berhalangan. 4. Residence manager : Mengepalai semua manager lini pertama.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture