6 tidak menggunakan data sekunder dari unit

Info icon This preview shows pages 3–6. Sign up to view the full content.

6. Tidak menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain 7. Metode Pengumpulan datanya adalah wawancara langsung 8. Tidak melakukan pilot study 9. Instrumen yang digunakan adalah buku pedoman, daftar rumah tangga, daftar perseorangan 10. Petugas pengumpulan datanya adalah petugas yang mendapat surat tugas oleh camat atas nama BPS 11. Mengadakan pelatihan petugas 12. Metode yang dilakukan untuk mengetahui kinerja pengumpulan data adalah Revisit dan Supervisi 13. Jika ada responden yang non respon maka tidak ada penggantian sampel, tetapi melakukan kunjungan ulang atau revisit ke responden atau menanyakan kepada aparat desa 14. Tanggal pengumpulan data Tanggal 05 September 1971 sampai dengan 4 Oktober 1971
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

15. Metode Pengolahan Data: a. Dilakukan dengan cara entri data ke program pengolahan data yang dilakukan oleh biro pengolahan data di BPS Pusat. b. Metode Pengolahan Data Batching Editing Coding Data Entri/Scan Validasi Tabulasi c. Kinerja dari operator data entri Entri data Aturan validasi yang ketat Laporan pengolahan 16. Unit analisis adalah individu/penduduk. Hasil Sensus Penduduk Tahun 1971 tercantum pada tabel di bawah ini: Sensus Penduduk Tahun 1971 Kabupaten/ Kota Jumlah Jembrana 172 006 Tabanan 328 056 Badung 400 283 Gianyar 271 576 Klungkung 139 307 Bangli 138 327 Karangasem 267 299 Buleleng 403 237 Denpasar - B A L I 2 120 091 Sumber: Badan Pusat Statistik Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa jumlah penduduk Provinsi Bali adalah 2.120.091 jiwa. Jumlah penduduk terbesar adalah Kabupaten Buleleng dan yang terkecil adalah Bangli, masih sama seperti tahun 1961 tetapi Jumlah penduduknya semakin bertambah di bandingkan pada tahun 1961. Semua Kabupaten di Provinsi Bali jumlah penduduknya semakin bertambah. c. Sensus Penduduk Provinsi Bali Tahun 1980 Berikut adalah Metodologi yang digunakan dalam pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 1980 : 1. Sensus Penduduk dilakukan dengan cara sensus yaitu pencacahan lengkap dan sampel. Pencacahan terhadap sampel yaitu pencacahan terhadap pendudukan yang tinggal di rumah tangga terpilih di wilayah cacah/blok
Image of page 4
sensus khusus. Untuk keperluan pencacahan sampel menggunakan desain sampling yaitu purposive, dimana dari seluruh blok sensus dipilih sejumlah blok sensus secara proposional sebanding dengan jumlah rumah tangga pada masing-masing blok sensus, kemudian dari setiap wilayah cacah/blok sensus terpilih akan dipilih sejumlah rumah tangga secara sistematik atau klaster. 2. Cakupan wilayahnya seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia 3. Unit Observasinya adalah individu atau penduduk 4. Metode sampel yang digunakan adalah metode purposive 5. Cakupan Respondennya adalah Seluruh penduduk Indonesia maupun warga negara asing yang tinggal di dalam wilayah tetitorial Indonesia termasuk wilayah teritorial Indonesia di luar negeri, baik yang bertempat tinggal tetap maupun tidak tetap. Termasuk anggota korps diplomatik Indonesia beserta keluarganya yang berada di luar negeri, dan tidak termasuk anggota korps diplomatik WNA beserta keluarganya yang berada di Indonesia.
Image of page 5

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Image of page 6
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Spring '17
  • Muhammad Fadli

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern